Korban Longsor Sungai Ngobo Kediri Kembali Ditemukan

KEDIRI (Suarapubliknews.net) – Tim gabungan BPBD Kabupaten Kediri, TNI dan Polri bersama masyarakat menemukan kembali korban jiwa dalam musibah tebing longsor di kawasan tambang pasir Gunung Pasir, Sungai Ngobo, Desa Sepawon, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri. Korban keempat adalah Sunarji (39) warga setempat.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Kediri, Randy Agatha mengatakan, korban jiwa keempat berhasil ditemukan Tim SAR Gabungan, pada Sabtu (17/2/2018) pukul 08.31 WIB. “Total korban jiwa ada empat orang dan luka empat orang,” kata Randy Agatha.

Untuk diketahui, tiga korban jiwa yang sudah berhasil ditemukan sebelumnya antara lain, Andik (35) warga Desa Sumberagung, Plosoklaten, Kabypaten Kediri, Sugiyanto (33) warga Desa Badek Sepawon, Kecamatan Plosoklaten dan Seno (30) warga Listrikan, Desa Sumberagung, Kecamatan Plosoklaten.

Untuk korban luka masing-masing, Mur (34) warga Desa Badek Sepawon, Sulis warga Desa Sumberagung, Kecamatan Plosoklaten, Samsul (24) warga Desa Sumberagung, Kecamatan Plosoklaten dan Iksan warga Desa Sumberagung, Kecamatan Plosoklaten.

Berdasarkan keterangan para saksi, kronologis kejadian bermula Sekitar pukul 02. 00 WIB para korban dan saksi sebanyak empat orang berangkat menuju lokasi penambangan manual di aliran Sungai Ngobo, Gunung Kelud tepatnya di Gunung Payung atau Kalitempur.

Sekitar pukul 03.30 WIB para korban dan saksi tiba di lokasi dan langsung mencari lokasi menambang. Tiba-toba tebing sungai setinggi kurang lebih 80 meter longsor dan menimpa tiga dam truk dan delapan orang penambang manual dan sopir truk.

Empat orang saksi yang selamat bisa keluar dari dalam kepala dam truk dalam kondisi luka lecet bagian dada sebelah kiri dan perut sebelah kiri, setelah keluar dari truk para saksi.

Pukul 05.30 WIB, korban tewas Suseno yang tertimpa badan dam truk sebelah kanan bisa di evakuasi dan oleh teman-teman dan korban serta saksi langsung di bawa pulang ke rumah duka di Dusun Listrikan, Desa Sumber Agung Kecamatan Plosoklaten dengan menggunakan dam truk milik Bayu tiba di rumah duka sekitar pukul 07.00 WIB.

Pukul 09.35 WIB, jenazah Suseno dimakamkan di TPU Dusun Karang Nongko, Desa Sumber Agung. Lalu pada pukul 08. 00 WIB, jenazah Andik telah dievakuasi dan langsung di bawa pulang oleh Mobik Polsek Plosoklaten ke rumah duka di Dusun Plosorejo, Desa Sumber Agung.

Pada pukul 09.30 WIB jenasah tiba di rumah duka dan langsung di laksanakan giat prosesi persemayaman dan pemakaman. (q cox, Iwan).

Reply