Kuartal I, Penjualan Holcim Naik Tipis

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – PT Holcim Indonesia Tbk mencatatkan peningkatan penjualan bersih sebanyak 2% pada kuartal pertama (tidak diaudit) 2018 menjadi Rp 2.201 miliar dari Rp 2.158 miliar di kuartal pertama 2017.

Presiden Direktur, Gary Schutz mengatakan situasi di pasar Indonesia masih terus menantang di kuartal pertama 2018. Sebagai langkah antisipasi, Holcim juga melakukan efisiensi biaya dan mengambil langkah-langkah transformasi komersial. Holcim berada di dalam posisi yang baik dengan jaringan yang lebih terintegrasi dan lini produk yang lebih lengkap.

“Kami juga siap untuk melayani pasar serta memenuhi kebutuhan pelanggan, mulai dari pemilik rumah hingga proyek infrastruktur dan proyek pembangunan gedung bertingkat. Komitmen kami adalah untuk menyediakan solusi-solusi inovatif dan nilai tambah bagi pelanggan. Hal ini yang membedakan kami dari competitor,” katanya.

Asosiasi Semen Indonesia melaporkan terjadi pertumbuhan penjualan semen pada 2018 sebesar 6,6% jika dibandingkan periode yang sama 2017. Terjadinya peningkatan konsumsi di Sumatera dan Kalimantan, yang masing-masing mencapai 9% dan 7%, juga mendorong pertumbuhan permintaan semen dan membantu penyerapan pasokan yang berlebih, di samping upaya ekspor yang dilakukan oleh pelaku bisnis semen.

Meskipun mengalami peningkatan pada penjualan, Holcim mencatatkan kerugian sebesar Rp 332 miliar, yang disebabkan oleh menurunnya harga jual serta tingginya biaya energi jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu. Tingginya curah hujan serta jam kerja yang berkurang, dikarenakan ada banyak hari libur juga berkontribusi pada pencapaian yang lebih rendah.

Holcim Indonesia mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah untuk proyek revitalisasi kompleks olahraga terbesar di Indonesia, Gelora Bung Karno. Baru-baru ini Holcim mengadakan acara media gathering dengan Kementerian Perumahan Rakyat dan Pekerjaan Umum Republik Indonesia, pihak Manajemen PPKGBK serta Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) mengenai proyek revitalisasi kawasan olahraga Gelora Bung Karno untuk menyambut Asian Games mendatang.

Holcim terpilih karena memiliki produk beton berpori ThruCrete dan ColoCrete yang dapat menyerapkan air langsung ke dalam tanah sehingga dapat digunakan pada lintasan jogging, taman serta jalur pejalan kaki yang ada di kawasan GBK ini. Beton berpori ini juga mampu mencegah genangan air sehingga sangat aman bagi para pelari.

“Kami sangat bangga bisa menjadi bagian dari saksi sejarah Indonesia yang menjadi tuan rumah Asian Games tahun ini. Keterlibatan Holcim merupakan bukti bahwa kami memiliki keunggulan yang dibutuhkan oleh pelanggan dan masyarakat pada umumnya,” tutup Gary. (q cox, Tama Dinie)

Reply