Lampu Kertas Karya Mahasiswa Desain Interior UK Petra Dipamerkan

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Produk lampu karya mahasiswa Program Studi Desain Interior semester 3 Universitas Kristen Petra (UK Petra) terpajang dengan rapi di gedung P lantai 3 kampus UK Petra.

Dosen pengampu mata kuliah Desain Interior, Grace Setiati Kattu, S.Sn, M.Ds mengatakan 9 karya ini merupakan bagian dari pameran mata kuliah Desain Produk Interior 1 yang digelar hingga 2 Oktober 2018.

“Tugas ini melatih mahasiswa untuk bereksperimen dengan bentuk-bentuk alam dan bahan lembaran untuk merancang lampu dekoratif. Mahasiswa diminta me-redesain produk lampu duduk yang sudah ada untuk di desain ulang,” katanya.

Bahan yang digunakan oleh mahasiswa menggunakan bahan lembaran seperti kertas dengan jenis kertas kalkir atau kinstrik atau PVC. Mahasiswa mengadaptasi dari ide alam yang sebelumnya mereka sudah ekplorasi sebelumnya.

“Sebenarnya ada 22 orang yang menjalankan tugas ini akan tetapi kami memilih 9 karya yang terbaik untuk dipamerkan. Mahasiswa mencari ide alam seperti flora atau fauna atau alam kemudian di eksplorasi tampilannya. Mulai pola atau motif, tekstur, warna hingga fungsi mekanisme alam,” papar Grace.

Karya para mahasiswa angkatan 2017 tersebut merupakan bagian dari eksperimen bentuk dan bahan mata kuliah Desain Produk Interior 1. “Harapan kedepannya, mahasiswa dapat merancang satu produk final di akhir semester berupa aksesoris interior seperti lampu, cermin, jam,” tegasnya.

Dalam proyek kali ini, mereka mengerjakannya mulai dengan cara menggunting hingga melipat. Seperti karya milik Agrippina Fleta Eddi Wiyanto, ia memberi nama karyanya dengan “Mymecodia Amazonica”. Sangat unik dan bagus, ia mengambil ide alam dari perpaduan antara tekstur sarang semut dengan lotus raksasa. (q cox, Tama Dinie)

Reply