Lawan Bhayangkara FC, Persebaya Bisa Bertanding di GBT

SURABAYA (Suarapubliknews) – Usai menang dramatis 3-2 melawan tuan rumah Madura United, Persebaya sudah ditunggu laga lainnya. Dalam pertandingan lanjutan Shopee Liga 1 2019, Persebaya bakal menghadapi Bhayangkara FC.

Pertandingan rencananya akan digelar Minggu (8/12) mendatang. Dan kali ini, Persebaya akan benar-benar melakoni laga home. Sebab, pertandingan rencananya dilaksanakan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

“Pihak panpel (panitia penyelenggara) sudah mengajukan surat untuk penggunaan GBT ke kami, dan kami sudah disposisi ke UPTSA,” ujar Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surabaya Edi Santoso, Rabu (4/12/2019) sore.

Ia menegaskan GBT siap digunakan sebagai tempat pertandingan Persebaya kembali. Sebelumnya, pihak Dispora memang ‘melarang’ Persebaya menggunakan GBT setelah ada kerusuhan suporter saat Persebaya dikalahkan PSS Sleman beberapa waktu lalu.

Akibat kerusuhan itu, papan reklame dibakar. Jaring gawang juga hilang. Akhirnya Dispora harus melakukan perbaikan.

“Sebetulnya kita tidak melarang Persebaya main di GBT. Waktu itu kan kami hanya minta waktu dua hari untuk perbaikan,” terang Edi.

Apakah sudah pasti Persebaya boleh menggunakan GBT? Edi mengatakan Pemkot Surabaya tidak pernah melarang Persebaya tanding di GBT. Menurut pria yang beberapa waktu lalu viral dengan videonya yang membantah pernyataan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa itu, Dispora bertugas mempersiapkan lapangan dan ia menyatakan GBT telah siap digunakan kembali.

“Tapi kalau urusannya dengan masalah keamanan, itu bukan ranah kami. Tapi kalau GBT sudah siap dipakai menggelar pertandingan lagi,” tambahnya.

Untuk diketahui, jika melawan Bhayangkara nanti Persebaya bertanding di GBT, ini akan menjadi home pertama setelah rusuh suporter usai melawan PSS Sleman. Sebelumnya, dua home digelar di Stadion Batakan, Balikpapan. Yakni melawan PSM Makassar (menang 3-2) dan Semen Padang (seri 1-1). (q cox)

Reply