Panen Cabai, Kelompok Tani Mekar Rahayu Diapresiasi Pemkab Tanbu

TANAH BUMBU (Suarapubliknews.net) – H. Setia Budi Kepala Dinas Pertanian bersama jajarannya menghadiri panen cabai di Desa Manunggal Kecamatan Karang Bintang, Kamis (25/1/2018).

Panen cabai bersama Kelompok Tani (Poktan) Mekar Rahayu diatas lahan seluas 2 hektar tersebut mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) karena telah berhasil mengembangkan tanaman cabai hingga mencapai masa panen dengan produksi cukup baik.

Kepala Dinas Pertanian Tanbu, H Setia Budi, melalui Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan dan Holtikultura, Zainal Abidin, mengatakan dengan berhasilnya tanaman cabai yang di tanam oleh Poktan Mekar Rahayu, maka Pemkab Tanbu kembali memberikan bantuan fasilitas pengembangan cabai dan pengembangan komoditas lainya seperti tanaman jagung dan kedelai.

“Bantuan tersebut berupa bibit dan sarana produksi,” sebut Zainal Abidin.

Sementara itu, untuk tanaman cabai yang di panen ini, bibitnya merupakan bantuan dari pemerintah bersumber dari dana APBN Tahun 2017. Ditambah lagi dengan bantuan alat pengolah tanah yang di kelola secara kelompok.

Menurut Zainal Abidin, perkembangan tanaman cabai di Tanah Bumbu sangat bagus, dan mempunyai pangsa pasa yg cukup menguntungkan. Pemeliharaan tanaman cabai juga tidak terlalu sulit dan dalam tiga bulan sudah panen.

“Cabai ini dijual ke pasar-pasar lokal terdekat. Harga jualnya ditingkat petani juga sangat bagus sehingga menambah pendapatan ekonomi keluarga,” sebutnya.

Hadir pada panen cabai bersama kelompok tani Mekar Rahayu yakni Kepala Dinas Pertanian Tanbu H Setia Budi beserta jajarannya, Camat Karang Bintang Herry Kurbiansyah, serta Muspika Karang Bintang, Pemerintah Desa beserta jajarannya. (q cox, Imran)

Reply