Pertama di Indonesia, Sampoerna Raih Sertifikasi Alliance of Water Stewardship (AWS)

PASURUAN (Suarapubliknews) – Pertumbuhan populasi dan perubahan iklim global menjadi penyebab utama peningkatan tekanan pada ketersediaan sumber daya air bersih dunia. Pelestarian air merupakan jalan terbaik untuk memastikan keberlanjutan sumber daya vital bagi seluruh makhluk hidup .

Kepala Hubungan Daerah dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan PT HM Sampoerna Tbk., Ervin Pakpahan, mengatakan Sampoerna sadar bahwa kelangkaan air bersih merupakan tanggungjawab seluruh penggunanya baik pelaku industri maupun masyarakat secara luas.

“Untuk itu Sampoerna mengelola isu global ini dengan penuh tanggung jawab. Sampoerna tidak hanya mengurangi penggunaan air dalam produksi, lebih jauh lagi kami melakukan pemeliharaan terhadap air,” katanya.

Hal ini yang mendasari pelestarian air oleh Sampoerna, meyikapi hal tersebut Sampoerna melakukan pengurangan penggunaan air dan menjaga daerah aliran sungai di mana fasilitas produksi beroperasi. Komitmen ini dituangkan dalam upaya melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap tiga tahapan yaitu fasilitas produksi, daerah tangkapan air dan sistem AWS.

Adapun standar sertifikasi ini dirancang untuk mencapai 4 tujuan tata layanan air antara lain, pengelolaan air yang baik, ketersediaan air yang berkelanjutan, kualitas air yang baik dan kesehatan daerah penting terkait air.

Proses sertifikasi dengan nomor registrasi AWS-010-INT-CAB-00-07-00017-0091 ini sudah dimulai sejak 2018. Diawali dengan komitmen, proses ini dilanjutkan dengan pengumpulan data dan membuat penilaian risiko tentang status air di daerah tangkapan air. Proses lanjutan adalah perencanaan, implementasi dan evaluasi terhadap siklus untuk mendapatkan pengembangan yang dibutuhkan.

Standar sertifikasi AWS fokus untuk menciptakan manfaat bersama dengan pihak lain di daerah tangkapan air, termasuk bagaimana pengelolaan air direalisasikan secara kolektif untuk meningkatkan kesehatan daerah tangkapan.

Demi mewujudkan manfaat tersebut, Sampoerna turut melibatkan seluruh pemangku kepentingan di area tangkapan untuk melakukan efisiensi penggunaan air, menjaga dan memelihara daerah sekitarnya.

Karena hal ini Sampoerna menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi Pemeliharaan Air Berkelanjutan atau Alliance of Water Stewardship (AWS) untuk fasilitas produksinya di Sukorejo, Pasuruan Jawa Timur.

The Alliance for Water Stewardship memberikan sertifikasi AWS Core Criteria pada Juli 2019 setelah Sampoerna menunjukkan bahwa fasilitas produksinya menghasilkan praktik yang baik dalam industri

Sampoerna akan terus melanjutkan implementasi pemeliharaan air ini di seluruh fasilitas produksinya. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah kedepannya untuk melakukan mitigasi perubahan iklim dengan harapan lingkungan hidup berkelanjutan dapat membawa dampak positif terhadap masyarakat

“Kami bangga bisa menjadi pelopor dalam hal pemeliharaan air di Indonesia dan berkomitmen untuk terus melanjutkan upaya pelestarian lingkungan hidup,” tutup Ervin. (q cox, Tama Dinie)

Reply