Pilih Havid Suadi, Masa Depan DPW PAN Jatim Terancam

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Musda Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Surabaya 2016 sepertinya bakal menjadi taruhan bagi masa depan partai besutan Amien Rais ini, jika ternyata Havid Suadi benar-benar ditetapkan menjadi ketua DPD Surabaya.

Betapa tidak, nama mantan Bendahara DPD PAN Surabaya Havid Suadi yang saat ini terdaftar sebagai kandidat, ternyata berstatus adik ipar dari Masfuk Ketua DPW PAN Jatim, dan kabarnya memang digadang-gandang untuk menjadi pucuk pimpinan PAN di Surabaya.

Salah satu kader PAN Surabaya yang enggan disebutkan namanya mengatakan, bahwa pengangkatan Havid Suadi menjadi ketua DPD di Musda Surabaya tahun ini sangat beresiko terhadap masa depan partai untuk wilayah Jatim, karena bisa diasumsikan sebagai satu-satunya Musda yang mencederai proses demokrasi.

“Semua kader se Jatim juga sudah tahu, siapa Havid, kalau sampai akhirnya benar-benar lolos dan berhasil ditetapkan sekaligus dilantik, tentu ada potensi menuai pro dan kontra, karena Musda di daerah lain benar-benar dijalankan secara demokratis, sementara posisi Havid saat ini disinyalir sudah direncanakan sebelumnya alias penunjukan,” jelasnya kepada Suarapubliknews.net, Rabu (21/9/2016)

Lanjutnya, Alasan Steering comittee (SC) bahwa Havid Suadi adalah kader PAN yang mempunyai hak serta kewajiban yang sama untuk mengikuti kontestasi pemilihan ketua DPD di Surabaya itu memang benar, tetapi bersifat normatif, karena secara politik tidak se-simpel itu, bahkan sulit untuk menghindari tudingan nepotisme.

“Kalau sampai ini terjadi, lantas bagaimana dengan daerah lain, bisa jadi akan menjadi polemik yang berkepanjangan, karena proses demokrasi terkesan diabaikan, dan bukan tidak mungkin bakal ditiru wilayah lain, dan inilah yang akan mengancam kredibiltas partai,” tegasnya.

Untuk diketahui, Musda Partai Amanat Anasional (PAN) Kota Surabaya dipastikan bakal digelar nanti pukul 20.00 wib di Hotel Sahid jl Sumatra Surabaya, karena Steering comttee (SC) telah mempersiapkan segalanya.

Wacana potensi terjadinya nepotisme juga semakin menguat, lantaran Bendahara DPD PAN Surabaya Havid Suadi yang saat ini terdaftar sebagai kandidat berstatus adik ipar dari Masfuk Ketua DPW PAN Jatim. Dan kabarnya, Masfuk sebagai pucuk pimpinan DPW merasa tak punya pilihan lain kecuali harus memasang saudaranya sendiri. Benarkah?

Tetapi perjalanan Havid Suadi ini bisa saja terganjal oleh manuver anggota forum yang jumlahnya sekitar 250 kader, jika ternyata lebih menghendaki untuk tetap dilakukan pemilihan. Bukan penetapan calon formatur oleh DPW seperti yang direncanakan. (q cox)

Reply