Presiden Jokowi Imbau Masyarakat agar Waspada Terhadap Virus Corona

SURABAYA (Suarapubliknews) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap penyebaran Virus Corona.

Menurut Presiden, walaupun pengawasan di semua bandara telah dilakukan, namun untuk menghentikan sebaran virus itu bukanlah hal yang mudah. Bahkan, hal ini juga terjadi hampir di semua negara.

“Terutama yang berhubungan dengan flight (penerbangan) dari dan ke Tiongkok sudah kita lakukan (pengawasan). Tapi ini bukan sesuatu yang mudah,” kata Presiden seusai meninjau PT PAL di Surabaya, Senin (27/1/2020).

Sebab, kata Presiden, pada masa inkubasi, alat scanner yang dimiliki terkadang tidak bisa mendeteksi suhu panas tubuh. “Semua negara juga mengalami hal yang sama. Yang paling penting hati-hati dan waspada terhadap gejala-gejala yang ada,” terangnya.

Sementara itu, terkait Warga Negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Wuhan, China, Presiden memastikan terus berkoordinasi dengan KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) untuk memantau kondisi kesehatan mereka.

Namun demikian, kata Presiden, hal yang paling rumit adalah terkait pengiriman logistik. Sebab, ada aturan dan ketentuan yang sangat ketat jika ingin masuk ke wilayah Wuhan, China.

“Karena aturan main atau masuk ke sana sangat ketat sekali. Apalagi kita mengirimkan logistik, ini masih proses pendalaman oleh KBRI kita, agar semuanya bisa terlayani dan berjalan dengan baik,” tandasnya. (q cox, and)

Reply