Risma Bisa Jadi Teladan Pengelolaan Lingkungan Hidup

JAKARTA (Suarapubliknews) – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur Agatha Retnosari berpendapat, persoalan lingkungan hidup yang menjadi salah satu isu yang dibahas dalam Rakernas I PDI Perjuangan, sangat penting disikapi kader-kader Partai.

Pasalnya, masalah lingkungan hidup tak hanya berkaitan dengan bencana yang belakangan terjadi di beberapa daerah. Namun juga menyangkut rusaknya lingkungan hidup dengan berbagai penyebab, seperti membanjirnya sampah plastik.

Terkait masalah lingkungan hidup, Agatha mengapresiasi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Menurutnya, wali kota yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan itu bisa jadi teladan, karena sangat konsern terhadap pengelolaan lingkungan hidup di Kota Pahlawan.

Kepedulian Risma terhadap lingkungan, sebut Agatha, bisa dilihat dari banyaknya ruang terbuka hijau, taman-taman kota, serta pembenahan saluran besar hingga selokan di permukiman warga.

“Kita bisa melihat, di Surabaya banyak pohon bunga, taman-taman kota. Juga pada saat musim hujan, luasan genangan sudah jauh berkurang dan kecepatan waktu surutnya semakin lama semakin baik,” kata Agatha Retnosari di sela Rakernas di JIExpo, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Dia juga mencontohkan, saat Kota Surabaya diguyur hujan lebat, tidak terlanda banjir seperti yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

“Lalu saat kemarin sempat ada badai, banyak pohon tumbang. Namun seluruh jajaran Pemkot Surabaya dengan sigap turun, sehingga dalam waktu singkat semua bisa teratasi,” ujarnya.

Anggota Komisi B ini mengakui, bencana alam memang tidak bisa dihindari. “Tapi kita bisa melakukan mitigasi bencana dengan melakukan pengelolaan dan pengolahan data serta manajemen penanggulangannya,” tambah dia.

Untuk itu, dia berharap kader PDI Perjuangan yang mengikuti Rakernas I, khususnya yang duduk di legislatif maupun eksekutif, bisa mendapatkan tambahan pemahaman soal lingkungan hidup, sehingga bisa jadi bekal membangun di daerahnya masing-masing.

“Selamat berulang tahun ke-44 kepada PDI Perjuangan dan kader-kadernya semakin berjaya dan terus terjun di masyarakat. Solid bergerak, tertawa dan menangis bersama rakyat,” ucapnya. (q cox, Pri)

Reply