Sektor Perkebunan jadi Penyedia Lapangan Kerja Terbesar

TANAH BUMBU (Suarapubliknews.net) – Perkebunan dalam perjalanannya memberikan peran dan kontribusi yang signifikan bagi masyakarat secara ekonomi. Sektor perkebunan merupakan salah satu penyedia terbesar dalam hal tenaga kerja.

Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming melalui Wakilnya H. Sudian Noor mengatakan. Penyedia lapangan pekerjaan dari sektor itu sebesar 22, 69 juta jiwa.

Sebutnya, jika dilihat dari sumbangan terhadap PDB pertanian, komuditas perkebunan sebesar 43% atau senilai 429,68 triliun rupiah dan angka ini lebih besar dari kontribusi minyak dan Gas terhadap PDB Nasional yang hanya sebesar 369,35 triliunan Rupiah.

“Upaya dan semangat kita kedepan adalah untuk terus mendorong berkontribusi dan mewujudkan perkebunan sebagai salahsatu andalan dalam pengembangan ekonomi nasional dan berbagai wilayah, baik pengembangan eksisting, pengembangan baru, daerah tertiggal maupun perbatasan tentunya dengan peran serta seluruh lapisan masyarakat, perkebunan dan stakeholder terkait,” kata H.Sudian Noor saat membacakan sambutan Dirjen Perkebunan RI pada acara peringatan HUT Perkebunan ke 60 di Halaman Kantor Bupati Senin (18/12).

Sementara itu, pada peringatan hari perkebunan ke 60 ini mengusung tema”Perkebunan sumber kemakmuran dan perekat bangsa,”.

“Tema ini diharapakan tidak hanya sebagai harapan dan impian semata, tetapi bagaimana menumbuhkan dan mendorong motivasi, kreatifitas dan partisipasi seluruh stakeholder perkebunan baik pemerintah, swasta dan masyarakat pekebun demi mewujudkan kesejahteraan seluas luasnya,” tutupnya.

Pada bagian lain, dalam peringatan itu turut ditandai dengan penghargaan kepada sejumlah kelompok tani di Kabupaten Tanah Bumbu. Serta penyaluran bantuan kepada kelompok tani sekaligus penyerahan bantuan berupa alat penunjang budi daya perikanan. (q cox, Imran)

Reply