Pemerintahan

Takziah ke Keluarga Bunuh Diri, Wali Kota Risma Beri Santunan dan Asa

10
×

Takziah ke Keluarga Bunuh Diri, Wali Kota Risma Beri Santunan dan Asa

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) –Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini takziah ke keluarga korban bunuh diri di Gadukan Utara 6B/6B RT 08 RW 05, Kelurahan Morokrembangan, Kecamatan Krembangan, Surabaya, Jumat (14/2/2020). Saat itu, Wali Kota Risma bersama jajarannya ditemui anak dan istri almarhum yang bunuh diri pada Rabu (12/2/ 2020).

Saat itu, Wali Kota Risma perlahan menyapa dan menyemangati anak almarhum. Anak itu diminta untuk bangkit dan terus semangat untuk mengejar masa depannya.

“Ayo bangkit nak, semangat lagi ya. Kamu masih punya masa depan,” kata Wali Kota Risma kepada anak almarhum.

Bahkan, pada saat itu Wali Kota Risma juga menanyakan sekolahnya. Ternyata, anak itu sudah sekitar satu bulan lalu tidak sekolah karena menjaga ayahnya yang sakit stroke. Anak itu juga mengaku masih ingin sekolah, sehingga Wali Kota Risma siap membantu biaya anak tersebut.

“Ke sekolah naik apa? Ibu kasik sepeda ya?” tanya Wali Kota Risma  kepada anak itu. Namun, anak almarhum menolaknya, karena dia ingin jalan kaki ke sekolahnya. “Ya sudah tidak apa-apa, Senin sekolah lagi ya nak….” kata Wali Kota Risma disambut anggukan oleh anak itu.

Selain itu, Wali Kota Risma juga memberikan semangat kepada istri almarhum yang kesehariannya jualan jajan keliling. Karenanya, Wali Kota Risma berinisiatif untuk menghidupkan kembali toko kelontong milik istri almarhum.

“Ibu harus tangguh, ibu harus kuat. Lupakan yang sudah-sudah. Ayo bersama-sama dampingi anak-anak untuk persiapan masa depannya,” kata Wali Kota Risma disambut kata “Iya Ibu” oleh istri almarhum.

Saat itu, berkali-kali Wali Kota Risma berusaha membuka asa yang sempat padam. Kini, keluarga almarhum akan terus didampingi dan diberikan konseling oleh pemkot, supaya terus bangkit dan anaknya bisa sukses.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP5A) Kota Surabaya, Chandra Oratmangun, menjelaskan bahwa keluarga ini akan didampingi dan diberikan konseling oleh DP5A dan trauma healing oleh Dinas Kesehatan Surabaya. Selain itu,istri almarhum juga akan diberdayakan lagi, terutama toko kelontongnya yang akan dihidupkan kembali.

“Istri almarhum ini memang sudah jualan selama ini. Makanya nanti toko kelontongnya yang sudah ada tempatnya ini akan dihidupkan kembali, sehingga nanti bisa menopang perekonomian keluarganya,” kata Chandra.

Ia juga memastikan bahwa keluarga tersebut sudah diberi tali silaturrahmi (uang) oleh Wali Kota Risma. Selain itu, karena anak almarhum Senin depan akan sekolah, maka diberi buku dan tas juga. Bahkan, karena anak almarhum senang bermain bola, maka Wali Kota Risma juga memberikan bola kepada anak itu.

“Tadi sudah dibantu tunai, BPJS BPI untuk semua keluarganya, tas, buku yang ada tanda tangan Bu Wali dan juga bola, supaya anak itu bisa bangkit dan semangat lagi untuk meraih masa depannya. Sebenarnya Bu Wali juga siap membantu biaya sekolahnya, tapi karena pihak sekolah sudah menggratiskan biaya sekolah anaknya, ya Alhamdulillah,” imbuhnya.

Chandra juga menambahkan bahwa nanti konselingnya akan difokuskan kepada anak almarhum. Sebab, yang mengalami trauma berat adalah anak almarhum. Apalagi anaknya itu sudah satu bulan penuh tidak sekolah untuk menjaga ayahnya yang sakit stroke.

“Bahkan, anaknya itu yang membuka tali yang digunakan ayahnya untuk bunuh diri. Padahal hanya ditinggal membeli es karena disuruh oleh ayahnya itu, tapi setelah kembali beli es, ternyata ayahnya sudah gantung diri, sehingga pasti sangat stress dia itu,” ujarnya.

Oleh karena itu, Chandra memastikan bahwa anak ini akan terus didampingi oleh Pemkot Surabaya hingga anak ini betul-betul sembuh seratus persen. Namun, Chandra belum bisa memastikan sampai kapan pendampingan itu akan dilakukan, karena setiap orang berbeda-beda cara menerima konselingnya.

“Makanya, kita lihat nanti kondisinya dan perkembangannya, kalau sudah pulih baru tidak ada pendampingan,” pungkasnya. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *