Bisnis

Terpilih Sebagai Rektor ITS, Ini Rencana Prof Mochamad Ashari

17
×

Terpilih Sebagai Rektor ITS, Ini Rencana Prof Mochamad Ashari

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Terpilih sebagai rektor baru Institut Teknologi Sepuluh Nopember periode 2019-2024, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng fokus menargetkan ITS menjadi World Class Research and Innovative University.

Sistem di ITS setelah tiga tahun menjadi perguruan tinggi berbadan hukum (PTN-BH) sudah menyusun langkah strategis ITS selama lima tahun hingga 10 tahun ke depan dalam Rencana Induk Pengembangan (Renip) oleh MWA.

“Jadi 2025 itu, ITS ditargetkan menjadi World Class Research and Innovative University, nah itu target atau rencana pengembangan yang sudah disusun oleh MWA dan kita rektor berkewajiban untuk mencari cara agar itu tercapai, jadi fokusnya ke arah sana,” katanya.

Beberapa fokus yang perlu diperhatikannya yaitu target ITS menjadi research and innovative university. Dimana mahasiswa lulus ditargetkan untuk dapat mengisi sumber daya di Indonesia, termasuk di industri, pimpinan di lembaga, di kementerian.

ITS akan membangun Science Techno Park (STP) sesuai yang ditargetkan oleh Kemenristekdikti dan nawacita Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Targetnya adalah 100 STP, dan saat ini ITS sudah berjalan membangun STP tersebut dan akan lebih diintensifkan di lima tahun ke depan nantinya.

Terlebih saat ini semua universitas di Indonesia sedang menghadapi para mahasiswa generasi milenial, dan tantangan baru di era revolusi Industri 4.0. Di mana kebutuhan sumber daya manusia di bidang industri saat ini lebih mencari dan mengutamakan orang-orang yang inovatif, dan ITS ingin mendorong mahasiswanya ke arah tersebut.

ITS ikut terjun dalam bidang pertambangan di Indonesia, yang menurutnya selama ini belum mendapat perhatian lebih. “Kita (ITS, red) punya SDM yang kompeten di bidang pertambangan tersebut, ada jurusan teknik geofisika dan teknik geomatika yang dapat memberikan sumbangsih teknologi dan inovasi di bidang ini,” ungkap dosen Teknik Elektro tersebut.

Proses panjang pemilihan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang dimulai sejak 1 Oktober 2018 memilih Mantan Rektor Universitas Telkom tersebut dalam rapat pleno Majelis Wali Amanat (MWA) yang diketuai Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA.

Ashari akan resmi menggantikan Prof Joni Hermana sebagai Rektor ITS pada prosesi pelantikan oleh ketua MWA yang dijadwalkan pada 13 April 2019 mendatang. 9q cox, Tama Dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *