Tingkatkan Kualitas Kesehatan Warga, Kelurahan Pattallassang Bangun Jamban Sehat Gratis

TAKALAR-SULSEL (Suarapubliknews) – Dalam rangka berupaya membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, Lurah Pattallassang dan pihak lingkungan Je’nemattallassa melaksanakan pembuatan jamban sehat bagi warga yang belum memiliki.

Program pembuatan jamban sehat ini ditujukan bagi keluarga kurang mampu atau kurang beruntung secara ekonomi, yang tersebar di wilayah kelurahan Pattallassang Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Takalar .

Keterangan ini disampaikan Lurah Pattallassang Ibrahim Muhlis, saat dikonfirmasi media ini terkait keberadaan jamban sehat yang katanya merupakan sanitasi dasar yang harus dimiliki setiap keluarga.

“Dengan adanya jamban ini, maka limbah manusia dalam bentuk tinja dapat diisolasi sehingga tidak menyebabkan pencemaran pada air, Dan agar warga yang tinggal disepanjang sungai dapat terbebas dari BABS.serta kesehatan lingkungan dapat terjaga,” ungkapnya. Minggu (6/10/2019),

Dia mengatakan, bahwa program jambanisasi bagi keluarga kurang mampu ini merupakan upaya pihak pemerintah /kelurahan dalam membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

“Jambanisasi ini salah satu bentuk dari program kelurahan. Agar masyarakat kelurahan pattallassang terbebas dari warga yang ( BABS) buang air besar sembarang tempat, dan lurah Pattallassang akan mengupayakan agar tahun ini di wilayah kelurahan Pattallassang dapat ODF,” tandasnya.

Menurut dia, para kepala lingkungan sudah melakukan survey dan koordinasi dengan pihak kelurahan untuk menentukan warga yang layak menerima bantuan dalam program jambanisasi ini.

“Diutamakan warga yang berpenghasilan di bawah rata-rata yang menjadi sasaran prioritas,” tuturnya. (q cox, Wahyu)

Reply