Bisnis

UK Petra SuraBali Summer Program 2018 bersama Mahasiswa 7 Negara

13
×

UK Petra SuraBali Summer Program 2018 bersama Mahasiswa 7 Negara

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – SuraBali Summer Program merupakan suatu bentuk kerjasama konsorsium tiga universitas di Indonesia dan mendapatkan hibah dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Inisiator dan pelaksana SuraBali Summer Program 2018, Meilinda, S.S., M.A mengatakan program sjumlah 150 juta rupiah ini akan diselenggarakan mulai 14-29 Juli 2018 di Surabaya dan Bali.

“Program SuraBali merupakan sebuah summer program yang diselenggarakan oleh tiga universitas di Indonesia. UK Petra bekerjasama dengan Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Udayana (Unud) sebagai sebuah konsorsium. Pesertanya terdiri dari 45 mahasiswa asing dan 12 mahasiswa Unair/UK Petra/Unud. Jadi totalnya ada 57 mahasiswa”, katanya.

Para peserta akan belajar di UK Petra tanggal 18-22 Juli 2018. Di UK Petra, mengambil tema Society Empowerment Through Sociopreneurship dikerjakan oleh Fakultas Seni dan Desain UK Petra. Jadi, para peserta di UK Petra akan berfokus pada sustainable design.

“UK Petra akan membekali para peserta dengan materi kewirausahaan berkelanjutan khususnya di tiga aspek yaitu ekonomi, ekologi dan sosial. Peserta juga akan mendapatkan pelatihan computer grafis untuk membantu membuat Business Model Canvas (BMC) yaitu suatu alat bantu merancang model wirausaha baru,” lanjut Meilinda.

Dekan FSD UK Petra, Dr. Yusita Kusumarini, S.Sn., M.Sn menjelaskan FSD UK Petra sendiri memiliki mata kuliah Creativepreneurship (Kewirausahaan berbasis kreativitas) yang mana mengajak lulusan UK Petra menjadi lebih bermanfaat bagi banyak orang jika menjadi pengusaha dengan menitikberatkan pada pemberdayaan masyarakat.

“Mata kuliah ini sejalan dengan fokus utama SuraBali. Jadi nantinya para peserta akan belajar bagaimana memiliki kompetensi berwirausaha tanpa “memperdaya” orang akan tetapi meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus diajari bagaimana membuat catatan dengan sketsa manual dan digital,” jelasnya..

Mahasiswa asing yang terdiri dari negara Taiwan, Filipina, India, Singapura, Korea, RRT dan Malaysia ini akan melakukan banyak kegiatan. Salah satunya para peserta melakukan kegiatan bertajuk Craft Workshop: Sosial Interaction di Siwalankerto Timur III RT 7 RW 5, Surabaya.

Para peserta akan melakukan contoh riil dari upaya pemberdayaan masyarakat, setelah mendapatkan pembekalan materi kuliah singkat. Ini merupakan upaya tanggung jawab lingkungan dan sosial.

“Ibu-ibu di Asem Growong sebelumnya telah mendapatkan pelatihan dari para dosen FSD UK Petra akan mengajar para mahsiswa asing dan Indonesia ini. Para peserta akan membuat shibori atau kaos jumputan, nantinya kaos ini dapat dipakai oleh para peserta,” papar Yusita.

Hibah ini sendiri merupakan bagian dari Program Hibah Penguatan Kelembagaan Kantor Urusan Internasional (PKKUI) 2018. Kemenristekdikti RI terus melakukan dukungan bagi kemajuan pendidikan di Indonesia dengan berbagai cara.

Salah satunya dengan mendukung perkembangan perguruan tinggi dalam negeri khususnya dalam bidang urusan internasionalnya. Sehingga dengan demikian World Class University segera terwujud.
“Harapannya apa yang dipelajari di masyarakat dapat menambah pengetahuan dan ide para peserta untuk merancang membuat kewirausahaan yang lebih bertanggung jawab pada masyarakatnya,” tutup Meilinda. (q cox, Tama Dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *