Uniknya Kolaborasi Cafe dan Toko Oleh-Oleh

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Memadukan kafe dan toko oleh – oleh, kafe di kawasan Basuki Rahmat ini ingin memanjakan pembeli hingga larut malam.

Daniel Ko, Owner TGC Coffee selaku operator Made One Coffee mengatakan Made One Coffee yang berkolaborasi dengan toko oleh-oleh Wisata Rasa memenuhi keinginan pembeli yang hendak nongkrong sekaligus berbelanja oleh – oleh khas Surabaya.

“Kalau hanya sekadar toko oleh-oleh saja mungkin orang Surabaya atau yang biasa ke Surabaya akan lebih memilih kawasan Genteng. Namun saya melihat di Jalan Basuki Rahmad ini ada pusat perkantoran dan banyak hotel berbintang di sekitar sini juga mal. Jadi harus bisa menggaet pengunjung dengan keunikan dan kreativitas,” katanya.

Akhirnya, muncullah satu ide bahwa kalau kafe harusnya jam operasionalnya lebih lama dibanding toko. Dan untungnya, karena jalan masuk ke One Made Coffee tersebut harus melalui toko di lantai satu yang notabene gerai Wisata Rasa, otomatis toko itu juga mengikuti jam operasional kafe.

“Saya rasa baru kali ini ada toko oleh-oleh yang buka jam 7 pagi sampai 12 malam. Tapi ini justru memberikan peluang, karena selama ini banyak tamu atau pebisnis dari luar kota yang tak sempat belanja oleh-oleh karena kesibukannya. Nah, jika ingin membeli saat pagi sekali atau larut malam pun mereka bisa,” lanjut Daniel.

Daniel menambahkan untuk One Made Coffee, pihaknya hanya mensupport menu kopi, sementara menu makanan merupakan hasil kerja sama dengan Wisata Rasa.

“Khusus di sini minuman kopi kita yang umum atau banyak dijumpai di kafe lain. Namun kita tetap mempertahankan kualitas TGC. Ini adalah perluasan pasar saja, namun bagi yang benar-benar pecinta kopi specialty atau premium tetap bisa datang ke TGC di kawasan Loops Surabaya Barat,” tambahnya.

Pimpinan Wisata Rasa, Markos Seger, toko di Jalan Basuki Rahmad tersebut merupakan gerai yang ke-9. Gerai-gerai sebelumnya tersebar di beberapa lokasi di Surabaya hingga Malang.

“Produk kita yang banyak dicarai orang diantaranya Almon Crispy, Lapis Surabaya, Kue Mete, Kue Mlinjo, Bluder Malang, dan sebagainya,” terangnya.

One Made Coffee sendiri memiliki kapasitas 198 kursi dengan 4 meeting room. Ruangan yang luas dan suasana yang nyaman di tengah Kota Surabaya menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin bersantai bersama teman atau kolega. (q cox, Tama Dinie)

Reply