Wakili Pemkab Tanbu, Desa Teluk Kepayang Ditinjau Tim Penilai Kemenkes RI

TANAH BUMBU-KALSEL (Suarapubliknews) – Kedatangan Tim Penilai dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Kamis (05/09/2019) memberikan kabar gembira bagi Desa Teluk Kepayang Kecamatan Kusan Hulu.

Hal ini sehubungan penyertaan Desa ini untuk mewakili Kabupaten Tanah Bumbu kedalam Lomba Tingkat Nasional untuk kategori tanaman obat keluarga (TOGA) dan Akupresur pada tahun 2019 ini.

Didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu Hj. Sadariah, dilokasi penilaian, Tim Kemenkes ini disambut dengan tarian selamat datang.

Dalam kegiatan tersebut, turut berhadir Asisten Bidang Pemerintahan Hj Mariyani, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik HM Thaha, Kepala Dinas Kesehatan, serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan.

Ketua Tim Penilai Nasional dr. Nurindah dari Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI dalam sambutannya menyampaikan hendaknya momentum ini dijadikan sebuah kebudayaan, sehingga kegiatan pembinaan terus dilaksanakan dan tentunya akan berdampak positif bagi masyarakat yang menamam tamaman toga di pekarangan rumahnya.

“Manfaat akan terus didapatkan, apabila kita memanfaatkan pekarangan dengan tanaman toga, setidaknya mampu memberikan pengobatan kepada warga masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Bupati Tanah Bumbu dalam sambutannya yang dibacakan HM Thaha sangat menyambut baik atas kehadiran Tim Penilai dari Kemenkes di Kabupaten Tanah Bumbu.

Ia juga mengharapkan semoga penilaian yang dilaksanakan dapat memotivasi para kader dan keluarga binaan kelompok asuhan mandiri untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui toga.

“Kesehatan tradisional dapat dilakukan sendiri oleh masyarakat atau keluarga dalam mengatasi gangguan kesehatan ringan yang ada didalam keluarga dengan memanfaatkan tanaman toga dan akupresur,” kata Bupati.

Sebagai informasi, yang menjadi sasaran penilaian tim penilaian adalah kelompok Asuhan Mandiri Anggrek dan kader Asman Toga Desa Teluk Kepayang. (q cox, Imran)

Reply