Pemerintahan

Bergerak Serentak di 31 Kecamatan, Tim Swab dan Vaksin Hunter Jaring Ratusan Warga

6
×

Bergerak Serentak di 31 Kecamatan, Tim Swab dan Vaksin Hunter Jaring Ratusan Warga

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar swab dan vaksin hunter di 31 kecamatan se-Kota Surabaya, Sabtu (2/10/2021) malam. Bersama TNI dan Polri, tim ini bergerak serentak menyasar pusat-pusat keramaian dan semua orang yang beraktivitas di luar rumah.

Hasilnya, ada sebanyak 846 warga yang terjaring Tim Swab Hunter di 31 kecamatan. Namun, hasil pemeriksaan swab seluruh warga itu dinyatakan negatif Covid-19. Sedangkan untuk Vaksin Hunter, berhasil menjaring sekitar 712 warga yang belum menerima suntikan vaksin. Mereka pun langsung diarahkan mengikuti vaksinasi di titik lokasi yang telah ditentukan atau puskesmas terdekat.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Irvan Widyanto mengatakan, bahwa sejak Sabtu (2/10/2021) malam, pemkot bersama TNI dan Polri mulai memberlakukan Swab dan Vaksin Hunter. Ini sebagaimana arahan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang menginginkan agar warga tetap disiplin protokol kesehatan, meski beberapa sektor usaha mulai beroperasi.

“Di Surabaya mulai diberlakukan tadi malam dan seterusnya dihidupkan lagi Swab dan Vaksin Hunter. Ketika dalam penegakan prokes itu ditemukan ada yang melanggar, maka dia diswab. Dan, kalau belum vaksin, maka dia dilakukan vaksin malam itu juga,” kata Irvan Widyanto saat dihubungi, Minggu (3/10/2021).

Kepala BPB dan Linmas Kota Surabaya ini juga menyatakan, bahwa kegiatan Swab dan Vaksin Hunter bakal rutin dilaksanakan. Bahkan, dalam satu pekan, tim ini akan berkeliling maksimal tiga hari.

“Jadi tiga pilar kecamatan itu akan bergerak di masing-masing wilayahnya dibantu dengan Puskesmas. Kita lakukan  secara reguler dan rutin,” ujarnya.

Menurutnya, Pemkot Surabaya bersama TNI dan Polri akan terus memasifkan percepatan vaksinasi. Nah, salah satu upaya yang saat ini digencarkan adalah melalui giat Vaksin Hunter.

“Bagaimanapun juga percepatan vaksinasi harus terus dilakukan. Karena itu keinginan Pak Wali Kota yang paling utama untuk meningkatkan cakupan vaksinasi,” tuturnya.

Di samping itu, mantan Kepala Satpol PP Kota Surabaya ini juga menyebutkan, bahwa Tim Vaksin Hunter itu jangkauannya luas. Apalagi untuk memasifkan capaian vaksinasi, tim ini dapat mengambil strategi door to door atau mendatangi langsung ke rumah-rumah warga.

“Vaksin Hunter itu cukup luas, bisa juga door to door. Kalau misal ada satu RT belum vaksin, bisa ke sana. Misal dalam satu resto atau unit tertentu mendapati ada yang belum vaksin, maka akan dilakukan vaksin,” imbuhnya.

Untuk saat ini, Irvan menyatakan, bahwa warga yang terjaring Tim Swab dan Vaksin Hunter, akan diarahkan ke puskesmas terdekat. Namun ke depan, tidak menutup kemungkinan akan memanfaatkan mobil vaksin milik Polrestabes Surabaya.

“Untuk sementara diarahkan ke puskesmas. Tapi ke depan tidak menutup kemungkinan pakai mobil vaksin Polrestabes Surabaya. Sasarannya adalah siapapun yang beraktivitas di luar rmh,” pungkasnya. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *