Bertemu Atlet Golf Juara Piala Gubernur, Gubernur Khofifah: InsyaAllah Jatim Tidak Kekurangan Atlet Berprestasi

SURABAYA (Suarapubliknews) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap semakin banyak atlet-atlet muda berprestasi di Jatim yang lahir dari cabang olahraga golf. Meskipun, cabang olahraga Golf ini rata rata peminatnya berasal dari kalangan usia dewasa tetapi saat ini semakin banyak golfer yunior bahkan  kategori usia anak anak.

Hal itu disampaikan Gubernur Khofifah saat menerima kunjungan atlet cilik cabor golf kebanggan Jawa Timur yang berhasil menjuarai Piala Gubernur Seri II Tahun 2022 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (9/10).

Atlet cilik cabor golf tersebut antara lain Christoper Nathan Widjaja dan Pheobee Gani. Turut hadir pula atlet Persatuan Golf Indonesia (PGI) Surabaya Jordan Indra Marcello serta Atlet PGI Jatim Ahmad Fanis Nazarudin.

Gubernur Khofifah menuturkan, Pemprov Jatim melalui Dinas Pemuda dan Olahraga terus berkomitmen untuk membina, melahirkan dan menggali bakat-bakat atlet muda yang bermental juara dan pemenang. “Mental juara dan pemenang tidak bisa serta merta muncul secara instan. Karena mental itu harus melalui latihan, kerja keras maupun bimbingan yang dimulai sejak dini,” ujarnya.

Para juara Golf cilik pada Piala Gubernur seri II ini, membuktikan bahwa olahraga ini bukan hanya milik mereka yang berusia dewasa melainkan para usia muda bisa menjadi juara ketika berlatih dan dibina secara positif. Ia menyambut baik kerja keras PGI Jatim yang memberikan pendampingan, motivasi dan dukungan agar para atlet Golf ini bisa terus berlatih dan mengasah kemampuannya sedari dini.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada PGI Jatim atas pendampingan kepada para atlet Golf muda ini sehingga bisa berlatih dengan baik. Tak hanya itu, PGI juga telah membantu para atlet untuk bisa mendapatkan akses pembiayaan yang terjangkau sehingga para atlet ini bisa intensif  berlatih,” ungkapnya.

Terkait Golf sebagai salah satu olahraga yang membutuhkan ketelitian, disiplin dan biaya cukup tinggi di awal,  Gubernur Khofifah itu menyebut bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan mengkoordinasikan dengan institusi terkait juga opsi sinergi dengan BUMN dan BUMD  untuk membahas adanya bantuan maupun subsidi yang akan diberikan untuk sewa lapangan.

“Kami akan mendiskusikan dengan banyak pihak apa yang bisa Pemprov Jatim lakukan agar anak anak kita para atlet cilik Golf ini bisa berlatih sesuai kapasitas  biaya untuk sewa lapangan Golf,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PGI Jatim Dedi H mengatakan, Piala Gubernur Jatim 2022 yang berhasil dimenangkan oleh para atlet Golf cilik ini menjadi bukti bahwa olahraga golf juga bisa dilakukan oleh para anak anak.

“Olahraga Golf ini menarik untuk diikuti. Karena, golf ini seribu persen harus memiliki modal sabar  dan disiplin yang tinggi dan permainannya sangat halus dan tidak mudah,” ujarnya.

Ia menyebut, bahwa SD di sekitar Taman Dayu Pasuruan sudah banyak mengenalkan olahraga Golf pada siswa siswinya. “Para siswa siswi SD sengaja di datangkan agar familiar terhadap olahraga golf ini,” tegasnya.

PGI Jatim membutuhkan dukungan dan pembinaan dari banyak pihak khususnya Pemprov Jatim. Para atlet yang berprestasi ini, banyak mendapatkan tawaran dari Kampus Terkemuka di luar negeri.

“Jadi mereka yang memiliki prestasi bisa memilih tempat kuliah yang berkualitas dan mereka inginkan. Kami mohon restu kepada Ibu Gubernur agar pengembangan dan pembinaan Atlet Golf bisa lebih diutamakan,” tutupnya. (Q cox, tama dini)

Reply