Bimtek Peningkatan Kapasitas Kepala Desa Pemkab Tanbu Dibuka Bupati Sudian Noor

BANJARMASIN (Suarapubliknews) – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) gelar Bimtek peningkatan kapasitas kepala desa dalam manajerial pemerintahan desa yang akuntabel, transparan dan berintegritas

Kegiatan Bimtek tersebut dibuka langsung oleh Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor , ditandai dengan pemukulan Gong.di Royal Jelita Galaxy Hotel Banjarmasin Senin (14/12/2020) malam.

Turut menyaksikan Kasubdit Sarpras Telekomunikasi Desa Ditjen PPMD Kemendes RI, Minarni Makbun, Kepala Dinas PMD Provinsi Kalsel, Zulkifli, Kadis PMD Kabupaten Tanbu, Nahrul Fajeri serta 130 Kepala Desa yang menjadi peserta Bimtek.

Dalam pelaksanaan Bimtek yang diselenggarakan hingga tanggal 17 Desember mendatang tersebut bertujuan untuk peningkatan wawasan serta kapasitas pemerintahan desa dalam tata pemerintahannya, demikian disampaikan Kadis PMD Nahrul Fajeri dalam laporannya yang disampaikan Kabid Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Ichsan Shirazi.

“Pemerintah Desa harus bisa menerapkan prinsip akuntabilitas dalam tata kelola pemerintahan nya, dimana semua akhir kegiatan penyelenggaraan pemerintahan desa harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat desa sesuai dengan ketentuan,” tambah Ichsan.

Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor dalam sambutannya menyampaikan sangat mengapresiasi atas terselenggaranya bimbingan teknis bagi kepala desa tersebut.

“Karena kegiatan ini merupakan langkah strategis yang sangat diperlukan bagi kepala desa dalam menjalankan roda pemerintahan desa, apalagi saat ini kondisi masyarakat dan wilayah yang terus berkembang dinamis baik secara sosial dan ekonomi, juga menuntut pengaturan agar terciptanya tata kelola pemerintahan desa yang baik,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut Bupati mengharapkan bimtek ini mampu meningkatkan pemahaman kepala desa akan tugas pokok dan fungsi nya berkaitan penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat pedesaan. (q cox, Imran)

Reply