NasionalPemerintahan

Bupati Zairullah Azhar Berkomitmen Meningkatkan SDM dan Ciptakan Lapangan Pekerjaan

20
×

Bupati Zairullah Azhar Berkomitmen Meningkatkan SDM dan Ciptakan Lapangan Pekerjaan

Sebarkan artikel ini

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Selain meningkatkan sumber daya manusia (SDM) melalui sektor pendidikan dan kesehatan, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu juga menyiapkan peluang tenaga kerja sebanyak 110 ribu orang bagi masyarakatnya dan Kalsel pada umumnya.

Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar mengungkapkan, peluang tenaga kerja itu disiapkan seiring pemindahan Ibu Kota Negara (IKN), dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Kita sudah sampaikan kepada pemerintah pusat melalui Menteri Tenaga Kerja dan telah disetujui. Tinggal mempersiapkan SDM maupun keahlian yang mempuni minimal standar nasional, disesuaikan dengan kebutuhan sebelum dan sesudah IKN rampung,” ujar Zairullah.

Ia menyampaikan, Kabupaten Tanah Bumbu sangat strategis sebagai tempat transit untuk menuju IKN dan peluang tersebut harus diambil demi kesejahteraan rakyat.

Zairullah mengatakan, langkah awal yang dilakukan adalah mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) bagi generasi muda dan masyarakat yang masih tergolong usia produktif.

“Ini telah dikomunikasikan dengan pemerintah pusat untuk menunjang pembekalan dengan berbagai keahlian khusus sehingga masyarakat Tanah Bumbu bisa bersaing secara sehat demi menyejahterakan masyarakat di masa mendatang,” katanya.

Pemerintah, ujar Zairullah, siap menempatkan tenaga ahli profesional guna memberikan pendidikan dan pelatihan sesuai peluang pangsa pasar dunia kerja.

Zairullah pun tidak lupa memohon dukungan dan doa dari masyarakat Tanah Bumbu dan Kalsel agar rencana tersebut bisa secepatnya terealisasi.

“Jarak geografi Tanah Bumbu ke IKN Kaltim hanya memerlukan waktu 6 jam saja, sehingga proyeksi peningkatan infrastruktur pendukung juga terus dilakukan,” ucapnya.

Beberapa waktu lalu, Zairullah Azhar bertemu secara virtual dengan Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah. Pertemuan itu untuk menindaklanjuti alih status UPTD BLK Tanah Bumbu ke UPTP Kemenaker.

Tindaklanjut pertemuan tersebut yaitu Tim Kementerian Ketenagakerjaan dalam waktu dekat akan berkunjung BLK Kabupaten Tanah Bumbu untuk menindak lanjuti alih status UPTD BLK setempat ke UPT Kemenaker.

Zairullah Azhar mengatakan dengan pengalihan status BLK UPTD menjadi BLK UPTP diharapkan dapat meningkatkan jumlah dan keterampilan masyarakat di Bumi Bersujud.

“Dengan keterampilan mumpuni maka SDM di Tanah Bambu, akan siap memasuki pasar kerja dan bersaing di dunia industri,” kata Zairullah.

Pekerjaan Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar memberi motivasi dan semangat belajar kepada seorang siswi

*Memaksimalkan Potensi Kekayaan Laut Menuju Peningkatan PAD

Wilayah Kabupaten Tanah Bumbu dikenal sebagai kabupaten yang memiliki potensi kekayaan sumber daya alam dari laut. Potensi ini patut dikembangkan sebagai salah satu upaya peningkatan perekonomian rakyat.

Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar mengungkapkan cita-cita besarnya untuk mengembangkan potensi sektor kelautan di Tanah Bumbu. Hal itu diwacanakan dengan membeli sebuah kapal besar pengangkut ikan berkapasitas 8.800 ton, sementara saat ini yang dimiliki Tanah Bumbu paling besar hanya mampu mengangkut beban dengan kapasitas 50 ton saja.

Lebih lanjut, Zairullah menyebutkan harga kapal memang tidak murah, berkisaran Rp180 miliar per unitnya. Namun, sebanding dengan potensi industri perikanan di Tanah Bumbu yang ditaksir menyentuh angka satu triliun per tahun.

“Jika cita-cita tersebut dapat terwujud, maka akan dapat meningkatkan perekonomian Kabupaten Tanah Bumbu,” ujar Zairullah.

*Pabrik Bio Diesel dan Minyak Goreng Serap Ribuan Tenaga Kerja

Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar terus mendorong terciptanya lapangan pekerjaan di Tanah Bumbu dengan sebanyak-banyak menarik minat investasi. Diantaranya pembangunan pabrik biodiesel dan pabrik minyak goreng di Kabupaten Tanah Bumbu.

Pembangunan pabrik bio diesel di Desa Sei Dua Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel mendapatkan apresiasi langsung dari Presiden RI Jokowi. Pasalnya selain dapat memperkuat ketahanan energi nasional serta menghemat devisa negara juga bakal mampu membuka lapangan kerja baru.

“Pilihan untuk memperkuat biodiesel ini, sangat-sangat strategis ke depan,” ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada peresmian pabrik biodiesel PT Jhonlin Agro Raya di Desa Sungai Dua Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel, beberapa waktu lalu.

Peresmian ini merupakan bagian dari upaya pengembangan biodiesel. Agar Indonesia dapat masuk kepada energi baru terbarukan (EBT), yang akan meningkatkan kualitas lingkungan. Melalui kontribusi pengurangan emisi gas rumah kaca.

Dikatakannya, keberadaan pabrik biodiesel dapat meningkatkan ketahanan energi nasional. Di samping menekan besarnya defisit neraca perdagangan akibat impor solar.

“Yang penting, menciptakan lapangan pekerjaan yang banyak. Ini yang ditunggu-tunggu masyarakat. Membangun smelter, membuka lapangan pekerjaan. Membangun pabrik biodiesel, membuka lapangan pekerjaan,” tegas Presiden.

Sementara Amran Sulaiman, Komisaris PT Jhonlin Agro Raya yang juga mantan Menteri Pertanian mengatakan, total investasi yang dikeluarkan untuk pembangunan pabrik biodiesel itu adalah sebesar Rp2 triliun untuk pembangunan selama 2 tahun. Pabrik rencananya akan menghasilkan produksi biodiesel setara kualitas B30 sebesar 1.500 ton per hari.

Pabrik juga akan mengembangkan produksi B50 dalam waktu dekat. PT Jhonlin Grup sendiri berdiri di kawasan seluas 730 hektare dengan 12 industri yang terdiri dari pabrik biodiesel, pabrik minyak goreng, dan direncanakan pembangunan 4 unit smelter pada 2023. Kelompok usaha itu disebut Amran mempekerjakan karyawan langsung sebanyak 20 ribu orang dengan total realisasi investasi sebesar Rp 29 triliun.

PT Jhonlin Group melalui unit usaha PT Jhonlin Agro Raya (JAR) juga membangun pabrik minyak goreng berkapasitas 160 TPD di Sungai Dua, Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Pabrik yang akan memproduksi minyak goreng premium dengan harga terjangkau. Pembangunan pabrik minyak goreng ini dikerjakan PT Wijaya Karya yang ditargetkan rampung 29 Juli 2022.

“Pabrik minyak goreng ini merupakan fraksinasi dari pabrik refinery yang nantinya bakal mengolah 250 ton bahan baku per hari dan mampu menghasilkan 160 ton minyak goreng per hari,” kata Direktur PT JAR, Zafrinal. (q cox, Imran/Lapsus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *