NasionalPemerintahanPeristiwa

Bupati Zairullah Launching Industri Ikan Kaleng di Harjad Tanbu ke 20

38
×

Bupati Zairullah Launching Industri Ikan Kaleng di Harjad Tanbu ke 20

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) ~ Peringatan hari jadi Kabupaten Tanah Bumbu ke 20 dirangkai dengan Lounching pengalengan ikan hasil tangkapan nelayan di Bumi Bersujud.

Lounching ini secara langsung dilakukan oleh Bupati Tanah Bumbu HM.Zairullah Azhar, yang ditandai dengan pelepasan balon ,Sabtu (08/04/2023) dihalaman kantor Bupati.

Bertepatan dengan Lounching produk Ikan kaleng berupa ikan tengiri asin asam manis serta tengiri Kacang ini juga menjadi cendera mata untuk tamu undangan yang menghadiri perayaan HUT Harjad Tanbu tersebut.

Diketahui, produk ikan kaleng ini merupakan cita cita Bupati Zairullah Azhar sejak awal periode dia menjabat sebagai Bupati secara definitif di tahun 2005.

Sementara Zairullah yang kala itu berpasangan dengan H.Abdul Hakim berkeinginan memberdayakan para nelayan,dimana ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi para nelayan Tanah Bumbu.

“Sayang tidak dimanfaatkan,kerena hasil tangkapan nelayan ikan cukup melimpah,dengan membuka industri pengalengan ikan di Tanah Bumbu,maka pendapatan atau ekonomi nelayan akan bertambah dan sejahtera,”kata Zairullah kala itu.

Terkait industri ini ,Kepala Dinas Koperasi Usaha Menengah Perdagangan Dan Prindustrian (Diskumdagri) Tanbu ,H.Deni Hariyanto mengungkapkan. Usai Lounching ini ditargetkan pada produksi pertama sekitar 5 ribu hingga 10 ribu kaleng ikan kemasan.

Saat ini lanjutnya,masih uji coba sekitar 500 kaleng untuk dibagikan pada tamu undangan Harjad Tanbu sekaligus promosi rasa kepada masyarakat tentang kualitas produk ikan kaleng tersebut.

Sedangkan pemasaran kedepan nya,pihaknya terpokus pada wilayah Kalimantan Selatan.

Gebrakan pemasarannya H.Deni sudah melakukan koordinasi dengan Dinas perdagangan provinsi Kalsel agar produk ini bisa didukung bekerjasama dengan pihak kementerian agama (Kemenag) Provinsi.

Dengan kerjasama melalui Kemenag ini terutama masyarakat Kalsel yang akan naik haji atau umroh nantinya dibekali 1 orang 10 kaleng Ikan asin kemasan.Sehinga dengan ikan siap saji ini masyarakat bisa merasakan kelezatan ikan kalengan tersebut, meskipun ini hanya masuk promosi di tahapan lokal,”ucap H.Deni

Untuk pemasaran berikutnya tidak menutup kemungkinan pihaknya juga bekerjasama dengan Indomaret atau Alfamart guna memasarkan secara nasional.

“Kita berkeyakinan bila produk ini terus dipasarkan tentang kelezatan rasa dari produk ini bisa terima oleh lidah orang Indonesia pada umumnya.,”pungkasnya.(q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *