Nasional

Desa Purwodadi Jadi Percontohan Inovasi Daerah di Wilayah Tamah Bumbu

20
×

Desa Purwodadi Jadi Percontohan Inovasi Daerah di Wilayah Tamah Bumbu

Sebarkan artikel ini

TANAH BUMBU (Suarapubliknews.net) – Pemkab Tanah Bumbu saat ini telah memiliki lebih dari 220 daerah inovasi, sehingga setiap setiap desa maupun Kecamatan mampu menyumbangkan berbagai inovasi demi kemajuan daerahnya masing-masing.

Saat membacakan sambutan Bupati Tanbu pada Evaluasi perkembangan desa tingkat Propinsi di Desa Purwodadi Kecamatan Angsana, H. Erno Rudi Handoko Plt Sekda Kabupaten Tanah Bumbu mengatakan jika sebuah inovasi tidak sertamerta harus dengan perkembangan Informasi dan tekhnologi.

“Sebagai contoh disebuah kepulauan Maluku, bahwa ada inovasi desa yakni mengangkat guru untuk mengajar anak anak nelayan yang tidak bisa sekolah.Ternyata ini juga dihargai menjadi inovasi daerah,” Kata Erno R Handoko. Rabu (18/4/2018).

Meski demikian, Erno mengaku sangat tertarik dengan inovasinya Desa Purwodadi berupa penyediaan air bersih dan Bus sekolah, sebab ini sangat menunjang peningkatan pelayanan masyarakat desa menuju kemajuan daerah.

“Kita harapkan Desa Purwodadi akan menjadi contoh inovasi daerah bagi desa lainnya dan mampu memotivasi kesadaran masyarakat betapa pentingnya pembenahan Desa. Lebih dari itu desa ini diharapkan pula menjadi juara Propinsi atau akan kembali meraih juara lomba Desa tingkat nasional,” tandasnya.

Sambutan Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor melalui ketua Tim Evaluasi Perkembangan desa tingkat Propinsi Helpianor menyampaikan, kemajuan sebuah wilayah harus melalui penguatan ditingkat Desa. Hal itu harus pula didasari dengan menjunjung kegotong royongan sesama warga.

Menurutnya, lomba desa akan menjadi penyemangat warga untuk terus bergerak secara gotong royong, hingga ada sebuah kompetisi yang positif menuju kemajuan desa tersebut.

“Melalui kegiatan lomba desa dan kelurahan masyarakat lebih diberdayakan demi terciptanya kemandirian masyarakat dalam membangun wilayahnya,” tutupnya.

Sementara itu, kegiatan monitoring perkembangan desa tersebut merupakan langkah pembinaan terhadap desa Purwodadi yang diikutsertakan dalam perlombaan desa dan kelurahan tingkat Propinsi Kalsel.

Kegiatan itu dihadiri wakil ketua TP PKK Kab. Tanbu Hj. Sadariah Sudian Noor beserta rombongan, pimpinan SKPD dilingkup Pemkab Tanbu serta Camat beserta unsur Muspika Kecamatan Angsana. (q cox, Imran).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *