Di Hari Sumpah Pemuda, Pemkot Surabaya Gelar Deklarasi Damai 38 Komunitas Pencak Silat

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan menggelar serangkaian acara untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2022 besok. Serangkaian acara itu akan dibuka oleh upacara Hari Sumpah Pemuda di halaman Balai Kota Surabaya. Upacara itu akan dimulai sekitar pukul 07.00 WIB.

Kepala Bidang Kesatuan Bangsa Bakesbangpol Kota Surabaya Ahmad Daya Prasetyono mengatakan dalam upacara itu nantinya semua peserta akan menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah di nusantara. Bahkan, dalam acara itu juga mengundang sekitar 400 warga Kota Surabaya yang diminta untuk menggunakan pakaian adat juga.

“Setelah upacara, nanti juga akan ada Deklarasi Surabaya Damai dari komunitas bela diri, beberapa cabang olahraga, dan pencak silat. Ada sekitar 38 ketua komunitas yang akan menandatangani deklarasi itu bersama Forkopimda Kota Surabaya. Selain itu, ada pula penampilan seni yang bertajuk Surabaya Bhineka Tunggal Ika,” kata Ahmad Daya saat jumpa pers di kantor Diskominfo Kota Surabaya, Kamis (27/10/2022).

Kemudian pada malam harinya, jumat malam, Pemkot Surabaya akan menggelar Silaturahmi Toleransi Kebangsaan bersama Gus Miftah di depan Tugu Pahlawan. Acara yang akan dimulai sekitar pukul 18.00 WIB itu, akan menutup jalan di Jalan Pahlawan.

“Saat itu, akan ada penampilan dari berbagai suku, ras dan agama. Bahkan, saat itu juga akan ada Deklarasi Surabaya Kota Toleran yang diikuti oleh para pemuda, lintas agama, suku, dan ras. Makanya, dalam acara itu kita akan mengundang semua suku, ras, dan agama,” kata dia.

Ahmad Daya juga memastikan bahwa acara itu terbuka untuk umum. Bahkan, ia memastikan bahwa Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sudah mengundang seluruh warga Kota Surabaya untuk hadir dalam acara tersebut. “Tapi demi keamanan bersama, kami memohon warga untuk tidak mengajak anak usia di bawah 5 tahun dan orang tua di atas 65 tahun serta ibu hamil,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata Kota Surabaya Herry Purwadi menjelaskan bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda yang akan digelar besok, akan ada penampilan kolaborasi dari pemuda Surabaya yang menggambarkan kebhinnekaan.

“Jadi, setelah upacara itu akan ada penampilan seni hasil kolaborasi dari pemuda-pemuda Surabaya. Malam harinya yang di Tugu Pahlawan juga ada penampilan seni budaya dari berbagai suku. Berbagai penampilan ini akan menggambarkan bahwa ke-bhinneka-an di Kota Surabaya terus terjaga dengan baik,” tegasnya.

Sub Kor Pengawasan dan Pengendalian Lalu Lintas Dishub Surabaya Supriyo Utomo memastikan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menutup jalan pada saat acara Silaturahmi Toleransi Kebangsaan bersama Gus Miftah. Ia memastikan bahwa mulai besok pagi di Jalan Pahlawan akan ditutup total dan mulai sore ini masih ditutup separuh.

“Jadi, kami mohon warga Surabaya untuk menghindari arus lalu lintas di sekitar Tugu Pahlawan mulai besok pagi,” pungkasnya. (q cox)

Reply