Diguyur Hujan Saat Lebaran, Beberapa Desa di Tanbu Terendam Genangan Air Tinggi

TANAH BUMBU (suarapubliknews) – Guyuran air hujan deras selama sehari hingga malam di wilayah Kota Tanah Bumbu, ternyata memunculkan genangan air yang tinggi dan sempat merendam 3 wilayah Desa.

Genangan air setinggi lutut orang dewasa ini terjadi di Kelurahan Kampung Baru dan Desa Bersujud, Desa Barokah serta Kecamatan Simpang Empat.

Namun kondisi ini juga menjadi berkah sebagian warga, utamanya warga RT 5 Desa bersujud yang memanfaatkan untuk menangkap ikan ramai-ramai baik anak-anak maupun orang tua.

Dapat ikan apa kalian ini ? tanya wartawan media ini

“Ikan bawel, nila dan lele jumbo,” ujar mama Tina sambil menangkap ikan ditengah banjir dihalaman rumahnya.

Akibat curah hujan yang cukup tinggi ini juga mepanda wilayah Kecamatan Kusan Hulu, Mentewe dan Satui yang akibatnya 3 kecamatan tersebut ikut terendam.

Bahkan di wilayah Jalan Kodeco Km 33, Desa Mantawakan Mulia Kecamatan Mantewe, ketinggian air mencapai pinggul orang dewasa.

Sementara di jalan raya khususnya di daerah Plajau Desa Barokah Kecamatan Simpang Empat, pengendara roda 2 dan roda 4 harus ekstra hati-hati karena jalannya ikut terendam banjir.

Menurut warga, hujan mengguyur Tanbu sejak subuh kemarin Sabtu 8/6/2019 hingga hari ini Minggu 9/6/2019.

“Iya pak hujannya mulai kemarin Subuh, sampai hari ini masih hujan, walaupun tidak sederas kemarin, kalau kemarin hujannya sangat deras dan lama,” sebut warga Rt 5 Desa bersujud.

Karena masih dalam suasana libur bersama, yakni hari raya idul fitri, maka tak satupun pejabat di instansi teekait yang bisa dikonfirmasi. (q cox, Imran)

Reply