Pemerintahan

Gebyar Peringatan Hari Anak Nasional 2022 di Surabaya Hadirkan Beragam Agenda Menarik, Begini Rinciannya!

8
×

Gebyar Peringatan Hari Anak Nasional 2022 di Surabaya Hadirkan Beragam Agenda Menarik, Begini Rinciannya!

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berkolaborasi dengan Bunda PAUD Kota Surabaya bersama lembaga-lembaga pemerintah dan swasta melaksanakan Gebyar Hari Anak Nasional 2022. Kegiatan ini sebagai Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2022 di Kota Pahlawan.

Peringatan HAN di Kota Pahlawan bakal semakin meriah karena menghadirkan berbagai kegiatan menarik dengan melibatkan ribuan anak-anak. Terlebih lagi, Event Organizer (EO) atau penyelenggara acara maupun pesertanya juga merupakan anak-anak Surabaya. Gebyar acara ini dipusatkan di kompleks Balai Pemuda Surabaya pada tanggal 27 Juli 2022 mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Bunda PAUD Kota Surabaya, Rini Indriyani mengatakan, Hari Anak Nasional tahun 2022 menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan kepedulian masyarakat kepada anak-anak Surabaya. Baik itu melalui pendidikan maupun dari pola asuh orang tua dan lingkungan sekitarnya.

“Dengan begitu satu persatu hak-hak mereka akan terpenuhi. Hak-hak inilah yang akan menunjang keberhasilan mereka di masa depan,” kata Rini Indriyani saat menggelar konferensi pers di Gedung Graha Bunda PAUD Kota Surabaya, Senin (25/7/2022).

Bertepatan dengan Hari Anak Nasional tahun 2022 ini, pemkot bersama Bunda PAUD Surabaya bakal mengadakan sejumlah acara. Beragam acara itu, terdiri dari kegiatan Kampanye Stop Kekerasan Terhadap Anak bersama Forum Anak Surabaya.

Bunda Rini menyebutkan, bahwa kegiatan  kampanye tersebut bakal diikuti para pelajar SMP Negeri di Surabaya, Organisasi Pelajar, hingga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (Unair). “Kegiatan kampanye ini diharapkan dapat meningkatkan rasa saling melindungi anak-anak Kota Surabaya dan meningkatkan kesadaran mereka terhadap kekerasan anak,” ujarnya.

Kegiatan kampanye ini akan diadakan pada tanggal 27 Juli 2022 pada pukul 06.00 – 08.30 WIB di delapan ruas jalan yang tersebar di beberapa wilayah Kota Surabaya. Untuk rincian lokasinya yaitu, di wilayah Surabaya Timur dilaksanakan di MERR atau Jembatan Kedung Baruk Surabaya. Lalu, di Kebun Bibit Bratang atau tepatnya di depan kantor polsek/ kelurahan Baratajaya.

Kemudian, di wilayah Surabaya Selatan, diselenggarakan di Jalan Ahmad Yani atau tepatnya di Maspion Square (Frontage), depan Museum Bank Indonesia, serta Taman Bungkul. Sedangkan di wilayah Surabaya Utara, diadakan di depan Jembatan Merah Plaza (JMP) atau Taman Sejarah.

“Sementara yang terakhir, di wilayah Surabaya pusat, diadakan di Jalan Tegalsari atau depan Pasopati. Juga, di Taman Apsari atau tepatnya di depan Gedung Negara Grahadi sebelah SD Negeri Kaliasin Surabaya,” tambahnya.

Tak hanya itu, Bunda Rini juga menyebutkan, bahwa sejumlah kegiatan lomba-lomba pra acara pun diadakan dalam menyemarakkan Hari Anak Nasional di Kota Pahlawan. Seperti di antaranya, lomba video TikTok kampanye stop kekerasan anak dan manajemen gadget, lomba fotografi dengan tema kasih sayang dalam keluarga dan Surabaya Kota Layak Anak, lomba poster perlindungan hak anak, lomba tarik tambang dan sebagainya.

“Nantinya, pemenang lomba akan diumumkan pada saat gebyar acara Hari Anak Nasional 2022 tingkat Kota Surabaya. Lomba juga digelar pada saat gebyar acara dengan kemasan dan hadiah yang menarik agar anak-anak Surabaya lebih berani untuk improvisasi dan merangsang kemampuan mereka,” tuturnya.

Gebyar acara yang berlangsung pada tanggal 27 Juli 2022 tersebut, dikatakan Bunda Rini, akan digelar di Balai Pemuda Surabaya dan diikuti sekitar 1.200 anak. Ribuan anak itu terdiri mulai dari PAUD, pelajar SD, SMP hingga SMA sederajat.

“Beragam acara dan lomba yang digelar ini untuk memaksimalkan potensi siswa dan siswi Kota Surabaya,” kata Bunda Rini yang juga menjadi Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya.

Sejumlah acara dalam Gebyar Hari Anak Nasional 2022 di Surabaya, juga disemarakkan dengan beberapa agenda menarik lainnya. Di antaranya yaitu, seminar manajemen gadget, talkshow bersama Komisi Perlindungan Anak Indonesia, serta berbagai kelas.

Berbagai kelas tersebut, diterangkan Bunda Rini, terdiri dari serba-serbi edukasi calon pengantin, beauty class dan grooming serta public speaking. Juga, ada festival seni minat bakat siswa, booth dulinan lawas (permainan tradisional) dan pembacaan Suara Anak Surabaya serta berbagai kegiatan menarik lainnya.

“Dalam Gebyar Hari Anak Nasional 2022 ini juga diadakan deklarasi lingkungan, satuan pendidikan, dan Rumah Ibadah Ramah Anak yang dibacakan Wali Kota Surabaya beserta warga Surabaya secara serentak,” jelasnya.

Deklarasi tersebut, kata dia, berisi poin-poin penting untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap perlindungan bagi anak-anak. Juga, bagaimana mengembangkan potensi anak-anak Kota Surabaya di manapun mereka berada.

“Surabaya sudah meraih kelima kalinya Kota Layak Anak kategori utama. Ini menjadi tujuan kita bersama bahwa tahun depan kita punya target bisa naik kelas menjadi Kota Layak Anak, di atasnya utama,” ujarnya.

Menurutnya, untuk meraih Kota Layak Anak di atas kategori utama, tentunya bukan pekerjaan yang mudah. Sebab, pekerjaan  tersebut, tak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah kota saja. “Karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Sehingga keterlibatan semua pihak itu sangat dibutuhkan,” pungkasnya. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *