BisnisNasional

GoTo Luncurkan Situs Pusat Informasi Terintegrasi Guna Permudah UMKM Kembangkan Usaha

18
×

GoTo Luncurkan Situs Pusat Informasi Terintegrasi Guna Permudah UMKM Kembangkan Usaha

Sebarkan artikel ini

JAKARTA (Suarapubliknews) – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk meluncurkan situs web Mitra Usaha GoTo, www.mitrausahagoto.com. Situs web ini merupakan pusat informasi yang terintegrasi bagi UMKM lokal dari berbagai bidang, termasuk belasan juta mitra usaha di dalam ekosistem GoTo, meliputi pelaku usaha di Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.

Chief of Corporate Affairs GoTo Nila Marita menjelaskan kini pelaku UMKM dapat semakin mudah mengetahui seluruh informasi mengenai program, solusi dan inisiatif dari GoTo, cukup dengan mengunjungi web Mitra Usaha GoTo. “Kami berharap kemudahan mendapat informasi ini dapat membantu pelaku UMKM untuk semakin produktif dalam mengembangkan usahanya,” katanya.

Situs web Mitra Usaha GoTo menjadi penegasan misi GoTo untuk terus membuka peluang bagi pelaku UMKM dan pelaku usaha lainnya dalam setiap fase pertumbuhan. “Selain itu, peluncuran situs web Mitra Usaha GoTo juga menandai dukungan kami terhadap Presidensi Indonesia G20 2022, dimana transformasi digital menjadi kunci pemulihan ekonomi nasional,” lanjutnya.

Situs web Mitra Usaha GoTo ini juga menjadi pusat pengenalan layanan solusi bisnis komprehensif GoTo untuk para pelaku UMKM dan pelaku usaha lainnya. Beberapa di antaranya yakni: Layanan untuk membantu efisiensi operasional dan administrasi seperti GoBiz, Selly, Moka, dan GoKasir; Layanan pembayaran digital melalui Midtrans, GoPay, dan GoBiz PLUS;

Layanan marketplace dan discovery produk melalui Tokopedia, GoFood, dan GoStore; Layanan logistik melalui GoSend dan pemenuhan pesanan (fulfillment) melalui Dilayani Tokopedia; Layanan permodalan untuk pengembangan usaha melalui GoModal by Findaya dan Modal Toko by Dhanapala.

Di dalam situs web Mitra Usaha GoTo, UMKM juga dapat menemukan berbagai seri edukasi bisnis dan peningkatan kapasitas pelaku usaha yang berkelanjutan, baik melalui kelas hingga komunitas mitra usaha seperti Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), Keluarga Tokopedia (K-Top) dan Komunitas Partner Retail GoTo Financial (KONTAG).

Sejak pandemi COVID-19, sudah lebih dari empat juta mitra usaha baru bergabung ke dalam ekosistem GoTo. Dengan memanfaatkan solusi bisnis GoTo, para mitra usaha di berbagai pelosok nusantara mampu mencetak pertumbuhan transaksi bisnis dengan mendorong efisiensi operasional dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Pertumbuhan ini juga tercermin dari kinerja layanan dalam ekosistem GoTo.

Tokopedia misalnya, mencatatkan Kabupaten Pasangkayu (Sulawesi Barat), Pakpak Bharat (Sumatera Utara), Banggai Kepulauan (Sulawesi Tengah), Teluk Bintuni (Papua Barat) dan Kepulauan Anambas (Kepulauan Riau) sebagai beberapa daerah dengan kenaikan jumlah penjual paling tinggi di Tokopedia

Sekretaris Deputi Bidang Kewirausahaan, Kementerian Koperasi dan UKM Talkah Badrus menjelaskan selaras dengan semangat Presidensi Indonesia pada G20 2022, transformasi digital menjadi kunci penting mewujudkan pemulihan ekonomi yang inklusif pascapandemi.

Masih dalam semangat Hari UMKM Nasional 2022, pihaknya mengapresiasi akselerasi pemanfaatan teknologi digital yang dilakukan GoTo bagi UMKM melalui berbagai kolaborasi strategis antara GoTo dan Kementerian Koperasi dan UKM, termasuk website Mitra Usaha GoTo ini.

“Dengan peranan penting yang dipegang UMKM dalam menggerakan ekonomi sektor riil, UMKM lokal harus bisa memanfaatkan peluang dari layanan GoTo ini sehingga dapat mengembangkan kapasitas dan keterampilan yang akhirnya dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat,“ katanya

Di sisi lain, usaha kolaboratif antar berbagai pihak diperlukan untuk mendukung peran utama UMKM dalam pemulihan ekonomi. Mendukung visi pemerintah tersebut, GoTo bersama 15,1 juta mitra usaha GoTo, dan 2,6 juta mitra pengemudi, serta lebih dari 59,3 juta pengguna bertransaksi tahunan2 membuka jalan bagi demokratisasi kegiatan ekonomi di Indonesia secara digital. (Q cox, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *