Gowes Kemerdekaan se-Madiun Raya, Gubernur Khofifah: Wujud Sinergitas dalam Semangat Nasionalisme

KOTA MADIUN (Suarapubliknews) – Masih dalam suasana HUT ke-77 Kemerdekaan RI, berbagai cara dilakukan untuk memperkuat semangat  nasionalisme sekaligus menghadirkan  keguyuban dalam semangat persaudaraan dan persatuan. Termasuk yang diinisiasi Bakorwil Madiun berupa Gowes Kemerdekaan RI yang diikuti lebih dari 5 ribu pecinta sepeda se – Madiun Raya, Minggu (28/8).

Semakin berkesan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga hadir secara langsung untuk memberangkatkan sekaligus turut mengayuh sepedanya gowes bersama para bupati/ walikota. Di antaranya Walikota Madiun H. Maidi, Bupati Madiun A. Dawami, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, Bupati Magetan , Danrem 081 Dhirotsaha Jaya Madiun ,  Danlanud Iswahyudi  serta jajaran Kepala OPD Pemprov Jatim.

Gubernur Khofifah menjelaskan, Gowes Kemerdekaan merupakan bagian dari upaya membangun sinergitas berbagai pihak dalam membangun semangat nasionalisme. Bulan Agustus, yang lekat sebagai bulan kemerdekaan disebutnya sebagai momentum yang pas untuk terus memupuk nasionalisme di semua lintas lini, elemen hingga ke lintas daerah.

“Di momen akhir bulan Agustus ini, kita bersama-sama masih membangun semangat nasionalisme. Mari kita maksimalkan membangun semangat nasionalisme kepada semua lini dan elemen, bahkan lintas daerah Setiap elemen silahkan membangun format sesuai kearifan lokal, sedapat mungkin semuanya bisa menjadi pengukuh dan pengawal dari NKRI,” tuturnya.

Selain efek pada penguatan semangat nasionalisme, melalui Gowes Kemerdekaan juga melibatkan peran serta UMKM yang diharapkan bisa berseiring dengan upaya percepatan pemulihan ekonomi. Sehingga, UMKM bisa terus menjadi tulang punggung atau backbone terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di daerah.

“Gebyar UMKM kali ini juga berseiring dengan gowes kemerdekaan. Sesuai tema HUT Kemerdekaan RI, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, UMKM tetaplah menjadi backbone dari PDRB daerah. Bahkan UMKM menyumbang 57,81% terhadap PDRB Jatim,” jelas Gubernur Khofifah.

Upaya pemulihan ekonomi yang terus masif ini, juga disebut sejalan dengan arahan pemerintah pusat guna merespon berbagai krisis yang tengah dihadapi dunia. “Ketika dunia tengah menghadapi tiga krisis pangan, energi dan krisis keuangan maka kita bangun semangat dan optimismenya supaya pulihnya lebih cepat, bangkitnya pun lebih kuat,” pungkasnya

Menempuh jarak 15 KM gowes ini melewati rute diantaranya Jl. Pahlawan – Jl. Cokroaminoto – Jl. Musi – Jl. Ternojoyo – Jl. Soekarno Hatta – Jl. Kapten Tendean – Jl. Raya Tendean – Jl. Tanjung Raya – Jl. Setia Budi – Jl. Diponegoro – Jl. Sumatra dan finish Jl. Pahlawan membuat sekitar 5.000 lebih masyarakat Madiun Raya full senyum.

Berbagai doorprize dan hadiah lomba juga disiapkan yakni sepeda motor, sepeda listrik, Mesin Kopi, sepeda MTB, lemari ES, TV dan hadiah menarik lainnya. Gowes Kemerdekaan 2022 juga dimeriahkan aneka Bazar UMKM dari masyarakat Madiun Raya serta pemberian vaksinasi kepada 200 masyarakat.

Di sela-sela bazar UMKM tersebut, pemandangan menarik terlihat dari orang nomor satu di Jatim tersebut. Gubernur Khofifah berbaur langsung dengan warga dan mengantre nasi pecel pincuk khas Madiun. Jauh dari kesan mewah, dirinya pun tampak begitu menikmati hidangan tradisional sembari menyaksikan kemeriahan Gowes Kemerdekaan 2022. (q cox, tama dini)

Reply