Jatim RayaPemerintahan

Gubernur Khofifah Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil dan Stoknya Tercukupi Hingga Lebaran

13
×

Gubernur Khofifah Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil dan Stoknya Tercukupi Hingga Lebaran

Sebarkan artikel ini

PAMEKASAN (Suarapubliknews) ~ Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terus memastikan harga bahan pokok (bapok) stabil dan stok aman jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri dan libur lebaran. Setelah sebelumnya meninjau pasar di Kab. Mojokerto, kali ini Gubernur Khofifah meninjau  Pasar Kolpajung –  Pamekasan, Senin (3/4).

Dengan didampingi Wakil Bupati Pamekasan Fatah Jasin, kegiatan sidak pasar diawali dengan melakukan peninjauan di kios pedagang beras, dilanjutkan di kios pedagang Cabai sampai di kios daging. Di tiap kios Gubernur Khofifah juga berdialog dengan penjual dan bersapa langsung dengan para pembeli. 

Usai peninjauan Gubernur Khofifah menyampaikan, pada dasarnya hari ini sampai dengan hari raya dan cuti bersama  lebaran mendatang suplai dipastikan aman dan stock atau ketersediaan juga cukup sehingga masyarakat tidak kesulitan mencari bahan pokok. 

Bahkan ada komoditas yang turun harganya dibawah Harga Eceran Tertinggi (HET). “Pada dasarnya menjelang Hari Raya Idul Fitri dan menyongsong Cuti bersama Libur Lebaran, Insya Allah suplai logistik aman, proses distribusi aman dan banyak harga sesuai HET,” ungkapnya. 

Gubernur Khofifah mengatakan, bahwa kehadirannya ke Pasar Kolpajung Pamekasan ini merupakan bagian dari langkah Pemprov guna melakukan pemantauan ke banyak pasar di banyak daerah di Jatim. Dimana, dari pemantauan Pasar di Kolpajung ini ditemukan banyak pedagang yang menjual Beras jenis Premium. 

“Di Pasar ini agak spesifik dimana pedagang menjual beras Premium dengan harga yang sedikit lebih tinggi di kisaran harga diatas Rp. 12.000,-. Kondisi ini berbeda dengan pasar tradisional lain yang selalu menyiapkan beras medium dan premium,” urainya. 

Untuk itu, Ia meminta kepada pedagang untuk juga menjual beras medium guna memperluas jangkauan daya beli masyarakat Pamekasan. Gubernur Khofifah juga mendorong Pemkab Pamekasan melalui Wabup Pamekasan yang ikut mendampingi agar segera mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan ketersediaan beras Medium bersama Bulog Jatim. 

Mengingat, saat ini Jatim sudah memasuki musim panen raya sehingga beras medium stoknya berlimpah.  Maka, jika dilihat di Pasar ini rata-rata harga beras di kisaran Rp 12.000 karena kualitas Premium. 

Oleh karena itu, untuk memberikan keterjangkauan suplai kebutuhan beras kepada masyarakat yang lebih luas diharapkan disiapkan beras jenis medium, sehingga masyarakat diberikan banyak pilihan sesuai dengan kemampuan daya beli masyarakat sekitar.

“Saya minta kepada Pak Wabup agar berkoordinasi dengan Bulog agar pedagang juga menjual beras medium sehingga banyak pilihan yang sesuai dengan kemampuan  daya beli masyarakat,” tegasnya. 

Selanjutnya, Gubernur Khofifah juga bersyukur bahwa harga daging di Pasar ini jauh di bawah HET dengan kisaran Rp. 100.000-110.000 jauh dibawah HET yang mencapai Rp. 140.000,. Sama halnya dengan harga daging  ayam  potong sesuai  harga HET Rp. 36.000-37.000 sementara HET Rp. 36.750. Sementara itu, harga  sesuai HET juga terjadi pada jenis Gula, Minyak Kita, Bawang hingga Cabai. 

Sebagai informasi, di Pasar Kolpajung, harga Bapok untuk Beras Premium dikisaran Rp. 13.500 – HET Rp. 13.900/kg, Beras Medium Rp. 11.750 – HET Rp. 10.900/kg, Gula Pasir Rp. 13.500/kg, Minyak Goreng Curah Rp. 16.000 – HET 15.500 /kg dan Minyak Kita Rp.14.000/liter. 

Untuk komoditi lain seperti Daging Ayam Ras Rp. 36.000 dengan HET 36.750/kg, Daging Sapi Rp. 100.000 – HET Rp. 140.000/kg, Tepung Terigu Rp. 12.000/kg, Cabe Merah Besar Rp. 30.000/kg, Bawang Merah Rp. 35 000/kg. Sedangkan, harga Telur Ayam Rp. 28.500 – HET 27.000/kg, Bawang Putih Rp. 26.000/kg dan Cabe Rawit Rp. 40.000/kg. (q cok, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *