BisnisJatim RayaOlahraga

Hotel Maxone Dharmahusada Gelar Turnamen Catur, Ketua Percasi Surabaya: Patut Diteladani

15
×

Hotel Maxone Dharmahusada Gelar Turnamen Catur, Ketua Percasi Surabaya: Patut Diteladani

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Manajemen Hotel Maxone Dharmahusada Surabaya menggelar turnamen catur dengan tagline ‘Maxone Dharmahusada Cup III Chess Tournament’ yang dilaksanakan pada tgl 24-25 September 2022. Dan turnamen ini bakal terus digelar secara berkala.

Pernyataan ini disampaikan Abdul Najib selaku Manajer Hotel Maxone Dharmahusada, yang mengatakan jika untuk tahun 2023 mendatang, akan melaksanakan kembali di bulan Maret.

Menurut Najib, Maxone Dharmahusada Cup III Chess Tournament adalah murni karena kepedulian atas cabor catur. Ia menceritakan di tahun 2019 lalu, pihaknya bertemu dengan Budi Leksono. Di pertemuan itu disampaikan bahwa pihaknya ingin mengadakan turnamen catur.

“Pak Budi Leksono (Ketua Percasi Surabaya-red) ternyata menyambut. Hingga akhirnya tergelarlah Maxone Dharmahusada Cup dan ini merupakan yang ketiga,” ucap Abdul Najib kepada media ini. Minggu (25/09/2022)

Tak hanya itu, Najib juga mempunyai keinginan untuk menambah jumlah peserta, baik untuk kategori umum maupun KU-12. Namun yang masih menjadi pertimbangan adalah tempat penyelenggaraan.

“Sementara ini tempat kami tempatnya terbatas. Jika memungkinkan untuk menambah jumlah peserta, kenapa tidak? Mudah-mudahan bisa terealisasi. Semakin banyak masyarakat yang daftar, tentu kami makin senang,” terangnya.

Sementara Budi Leksono Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Surabaya yang secara khusus menghadiri turnamen ini, tidak hanya datang membuka sekaligus menutup turnamen, selama dua hari.

Pria yang akrab disapa Bulek itu menunggui kompetisi selama dua hari itu. Ia juga menyerahkan hadiah kepada para pemenang, diantaranya Moh Ervan yang menjadi jawara setelah mengumpulkan poin tertinggi dalam kategori umum (open category).

Posisi berikutnya secara berurutan diraih oleh Bintang Rasyid, Ronny Gunawan, David Setiawan dan Nadya Anggraini Mukmin. “Selamat untuk para juara. Tak hanya sekadar kompetisi, turnamen ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi bagi para siapa saja yang gemar catur,” demikian Budi Leksono.

Anggota DPRD Surabaya dari Fraksi PDIP ini menyampaikan, jika Percasi Surabaya menyambut baik Maxone Dharmahusada Cup III Chess Tournament ini. Sebab, melalui turnamen ini menunjukkan adanya kepedulian dari pihak di luar Percasi terhadap cabang olahraga catur.

Bahkan, kompetisi ini merupakan yang ketiga yang telah digelar oleh Hotel Maxone Dharmahusada. Untuk yang pertama diselenggarakan di tahun 2019 lalu. Kemudian karena adanya pandemi Covid-19, kompetisi sempat break. Kemudian di 2022 ini, turnamen digelar kembali. Bahkan di tahun ini sudah dua kali dilaksanakan.

“Apa yang sudah dilakukan Maxone Dharmahusada ini sangat kita apresiasi. Ini menunjukkan adanya kepedulian terhadap catur. Kalau ada pihak-pihak lain yang juga peduli, tentu kami sangat bangga. Ini patut jadi teladan bagi yang lain,” terangnya.

Menurut Bulek, melalui kompetisi seperti ini akan banyak melahirkan atlet-atlet baru. Tidak hanya bagi Surabaya, tetapi juga untuk daerah lain.

Sebab, di Maxone Dharmahusada Cup III Chess Tournament ini tidak hanya mempertandingkan kategori umum. Di turnamen ini juga dipertandingkan catur untuk Kelompok Umur (KU) 12 putra dan putri. “Ini adalah pembinaan. Ini sekaligus pembibitan dan ajang pencarian atlet baru,” tambahnya.

Karena itu, kata Bulek, semakin banyak turnamen catur maka akan semakin banyak melahirkan atlet baru. “Dan bagi siapapun yang ingin menggelar turnamen, kami (Percasi Surabaya) bukan tersaingi, justru semakin senang,” katanya lagi. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *