Jokowi Hadir di Deklarasi Alumni Jatim, Muncul Hashtag #CakJokowiWani

SURABAYA (Suarapubliknews) – Acara deklarasi dukungan kepada pasangan no urut 01 Jokowi-Maruf yang digelar oleh Forum Alumni Jatim berhasil menghadirkan massa dengan jumlah belasan ribu alumni dari berbagai Perguruan Tinggi dan SMA.

Teguh Prihandoko Sekretaris Forum Alumni Jatim mengaku terharu sekaligus mengucapkan terimaksih dan rasa syukur karena gelaran deklarasi dukungan kepada pasangan calon nomer urut 01 bisa berjalan sukses dan sesuai rencana.

“Alhamdulillah acaranya sukses, Pak Jokowi juga terlihat happy, dan kini muncul hashtag baru yakni #CakJokowiWani. Dan kami juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dan seluruh peserta deklarasi, terkhusus kepada aparat keamanan dari Polri dan TNI,” ucap Teguh saat dikonfirmasi di lokasi. Sabtu (2/02/2019)

Ditanya soal agenda terdekat pasca deklarasi, Teguh mengatakan jika pihaknya akan segera merealisasikan program blusukan, yakni kampanye untuk pasangan 01 dengan cara door to door.

“Tadi juga sempat disisipi acara penyematan pin blusukan oleh Ermawan Forum Alumni Jatim selaku ketua setelah memimpin dan membacakan deklarasi. Dan blusukan merupakan implementasi dari program micro campaign Jokowi, jadi sasarannya adalah warga dan sekitarnya,” tandasnya.

Dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan agar Forum Alumni Jatim, yang notabene diisi para intelektual, untuk berpikir jernih menghadapi politik di negeri ini. Dimana menurutnya, saat ini politik di Indonesia sudah banyak disusupi informasi-informasi hoaks, fitnah dan sebagainya, terutama di media sosial.

“Yang di hadapan saya ini adalah intelektual-intelektual. Kita ini sekarang berhadapan dengan yang namanya banyaknya fitnah, banyaknya hoaks, banyaknya kabar bohong, yang lalu-lalang di media sosial,” kata Jokowi.

Maka dari itu, kata Jokowi, intelektual-ibtelektual yang ada di Forum Alumni Jatim harus bisa memberioan pencerahan kepada masyarakat. Sehingga politik Indonesia yang sudah terkontaminasi berita-berita bohong dan fitnah ini, bisa kembali dibawa ke tata cara politik yang penuh dengan tata krama, keadaban, dan sopan santun.

“Cara-cara berpolitik kita harus memberikan edukasi kepada masyarakat agar cara-cara berpolitik kita bisa dibawa ke cara-cara politik yang penuh etika, penuh dengan tata krama, keadaban, dan sopan santun,” ujar Jokowi.

Jokowi juga meminta Forum Alumni Jatim lebih aktif mengedukasi masyarakat tentang tata cara berpolitik yang benar. Bahkan dia meminta edukasi tersebut dilakukan secara door to door, dan bahkan dari desa ke desa.

“Oleh karena itu saya minta agar kita semuanya ini door to door, dari desa ke desa, kabarkan mana yang benar, mana yang tidak benar. Jangan dibolak balik. Sekarang ini banyak hal yang dibolak-balik,” kata Jokowi. (q cox)

Berikut slide foto-foto saat acara berlangsung:

Reply