Kejati Jatim Siap Sukseskan Pilkada 2020 Serentak di 19 Kab/Kota

SURABAYA (Suarapubliknews) – Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menegaskan kepada jajarannya untuk memaksimalkan peran mereka dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) pada perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020 di 261 kabupaten/kota di 9 provinsi yang akan berlangsung Desember mendatang.

“Guna menciptakan Pilkada yang berkualitas, saya meminta Sentra Gakkumdu yang tersebar untuk berkerja keras dan netral,” tegasnya, Rabu (22/7/2020).

Hal itu ST Burhanuddin tegaskan dalam amanatnya sebagai inspektur upacara Peringatan Hari Bhakti Adyaksa ke 60 yang digelar serentak secara virtual yang diikuti seluruh kantor kejaksaan se-Indonesia.

“Jangan Golput, jangan terlibat kegiatan kampanye untuk mendukung salah satu pasangan calon,” pesannya.

Ia juga mengingatkan betapa pentingnya membangun profesionalisme jaksa untuk menciptakan penegakan hukum yang berkualitas. “Saya tidak butuh orang yang pintar, tapi saya cari jaksa yang profesional dan berintegritas. Keadilan ada didalam hati nurani bukan di buku. Kita terus tingkatkan trust public,” imbuhnya.

Sama halnya yang dilakukan jajaran Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur, peringatan HBA kali ini digelar secara istimewa. “Seperti yang kita ketahui, upacara peringatan HBA tahun ini berbeda tahun-tahun sebelumnya, hal itu kita lakukan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 dimasa pandemi ini. Sesuai arahan Kejaksaan Agung, upacara dilaksanakan secara virtual dan terbatas,” ujar Kepala Kejati Jatim M. Dofir sesaat usai mengikuti upacara virtual, Rabu (22/7/2020).

Ditanya soal persiapan jajarannya menghadapi Pilkada serentak yang bakal digelar di 19 kota/kabupaten di Jatim, M Dofir menegaskan pihaknya sangat siap.

“Kita sangat siap. Selama ini tiap-tiap Kejari sudah dibentuk tim-tim guna mendukung optimalnya fungsi Sentra Gakkumdu guna suksesnya gelaran pilkada serentak,” tambahnya.

Selain upacara serentak secara virtual, peringatan HBA juga diisi dengan acara pemotongan tumpeng yang juga diikuti 334 kantor Kejari dan 34 kantor Kejati yang tersebar di seluruh Indonesia. (q cox)

FOTO: Tampak upacara peringatan HBA ke 60 di tahun 2020 yang digelar serentak secara virtual yang dilaksanakan di kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Rabu (22/7/2020).

Reply