Kelurahan Pattallassang Kabupaten Takalar Gelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah

TAKALAR-SULSEL (Suarapubliknews) – Untuk melaksanakan salah satu kewajiban (fardlu kifayah) sebagai umat muslim, Kelurahan Pattallassang Kabupaten Takalar Provinsi Sulsel menggelar pelatihan tentang tata cara Pemulasaran Jenazah. Sabtu (28/09/2019)

Selain Lurah Pattallassang Ibrahim Muhlis, kegiatan yang digelar di Aula Pattallassang ini juga dihadiri langsung oleh Camat Pattallassang Abdul Salam Gau.

“Dengan adanya kegiatan pelatihan ini masyarakat bisa mengetahui cara mengurusan jenazah dengan baik,” ucap Abdul Salam Gau.

Disaat yang sama Lurah Pattallassang mengatakan, bahwa kegiatan pelatihan Pemulasaran Jenazah yang dilaksanakan selama 1 hari ini pesertanya berasal dari masyarakat lingkungan se Kelurahan Pattallassang.

Dia mengungkapkan kesedihannya jika ada masyarakat yang berduka sementara tidak menemukan kelompok pemusalaran jenazah yang dibutuhkan.

“Pemusalaran jenazah adalah pengetahuan dan keterampilan bagaimana caranya memandikan, mengkafankan, mengsholatkan dan menguburkan jenazah sesuai dengan yang telah diajarkan di dalam alqur’an dan al-hadits,” tandasnya.

Menurut dia, saat ini telah minimnya anggota masyarakat yang menjadi penerus pelaksana pemusalaran jenazah, sementara generasi pendahulu telah banyak yang meninggal dunia. Kalaupun masih ada, kondisinya sudah lanjut usia.

“Saya harapkan melalui kegiatan pelatihan tata cara mandi jenazah ini nantinya, dapat memperoleh berbagai manfaat,” tuturnya.

Dia juga mengatakan jika pelaksanaan kegiatan pelatihan ini merupakan upaya bersama untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan bagi peserta selain untuk memudahkan dalam mempelajari dan mempraktikan pelaksanaan pemusalaran jenazah, hal terpenting setelah pelatihan adalah praktek nyata para peserta.
“Saya berpesan khususnya bagi pihak penyelenggara agar jumlah peserta yang sudah pernah mendapatkan pelatihan ini hendaknya kita petakan dan jangan sampai nanti jika ada orang yang meninggal susah untuk mencari orang yang memandikan mayat. Hal ini juga perlu menjadi perhatian bagi setiap masyarakat di kelurahan pattallassang Kecamatan pattallassang,” Ungkapnya.

Selanjutnya, Lurah pattallassang memberikan sertifikat pelatihan kepada masyarakat yang mengikuti, pada kegiatan ini pemberian sertifikat ini bukti kepada masyarakat dari 5 lingkungan di kelurahan pattallasang dan masing2 setiap perwakilan lingkungan 5 peserta. (q cox, Wahyu)

Reply