BisnisJatim RayaPolitik

Kemendikbudristek Tunjuk UK Petra Sebagai Mitra Guna Bina PTS di Indonesia

14
×

Kemendikbudristek Tunjuk UK Petra Sebagai Mitra Guna Bina PTS di Indonesia

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Kembali Universitas Kristen Petra (UK Petra) ditunjuk dan dipercaya oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi menjadi Perguruan Tinggi (PT) mitra melakukan Pembinaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Program Studi.

Hal ini tertuang berdasarkan Surat Penunjukan Nomor 2724/E2/JM.01.00/2022 yang tujuannya untuk memberikan pelatihan dan pembinaan pada PT dan Program Studi dengan peringkat akreditasi baik atau C sesuai pelaporan SPMI pada laman http://spmi.kemdikbud.go.id/.

Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) UK Petra kata Dr. Jenny Mochtar, M.A mengatakan sebuah kehormatan bagi UK Petra dipercaya terus oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi untuk melakukan kembali berbagi dengan kampus yang lainnya.

“Tahun ini kami membina 12 PT dari Kemendikbudristek dan ditambah enam PTS mitra lainnya. Harapannya jika SPMI dilaksanakan dengan baik, maka akan berdampak pada peningkatan akreditasi.”katanya melalui ponsel.

Jenny merinci, pelatihan telah dilakukan sejak Agustus dan berakhir pada November 2022 yang akan datang. UK Petra sendiri bersama dengan tujuh universitas lainnya di Indonesia yang ditunjuk melakukan pelatihan SPMI di Program Studi.

“Pada prinsipnya kami berbagi best practice yang telah kami lakukan selama ini. Sudah empat kali UK Petra diberi kepercayaan untuk melakukan pembinaan SPMI pada PTS di Indonesia yaitu tahun 2017, 2018, 2019 dan 2022 ini,” tambah Jenny.

Sebelumnya tahun 2017, UK Petra telah mengasuh tiga PT. Kemudian tahun 2018 mengasuh tiga PT sedangkan pada tahun 2019 mengasuh empat PT yang ada di Indonesia. Kini tahun 2022, UK Petra membina 12 PTS pilihan LLDIKTI wilayah VII yang tersebar di kota Surabaya, Tuban, Surabaya, Banyuwangi, Situbondo, Bojonegoro, Magetan, Madura, Pasuruan dan Probolinggo.

Selama empat bulan, ada lima kegiatan yang telah disusun dengan narasumber handal di bidang penjaminan mutu. Kegiatan yang telah berlangsung Lokakarya Penyusunan Renstra dan Berbagi Praktik: Peningkatan Mutu Internal melalui Survei dan Pengelolaan Dana Internal. Sedangkan yang akan berlangsung Lokakarya dengan topik Penyusunan e-Document SPMI, Membangun SPMI dalam rangka Proses Akreditasi dan Pelaksanaan Evaluasi SPMI.

Menanggapi capaian ini, Rektor UKP Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M. Eng., mengungkapkan rasa bahagianya. “Melalui program kemitraan ini, maka UK Petra dapat mewujudkan keinginan untuk maju bersama. Selain itu, UK Petra terus terpacu untuk senantiasa meningkatkan kualitasnya. Saat ini prodi-prodi di UK Petra sedang berproses meraih akreditasi internasional,” tutupnya. (Q cox, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *