Pemerintahan

Kenalkan Keguyuban Surabaya, Wali Kota Eri Cahyadi Sunmori bersama Ribuan Komunitas Vespa

45
×

Kenalkan Keguyuban Surabaya, Wali Kota Eri Cahyadi Sunmori bersama Ribuan Komunitas Vespa

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Serangkaian Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-730 terus digelar di Kota Pahlawan. Minggu (7/5/2023) pagi ini, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi didampingi Ketua TP PKK Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi melakukan Sunmori (sunday morning ride) atau berkendara di hari Minggu pagi. Sunmori ini dilakukan bersama dengan komunitas vespa, baik yang berasal dari Surabaya maupun yang berasal dari luar Kota Surabaya.

Sekitar 2 ribuan komunitas vespa mengikuti Sunmori kali ini. Mereka diberangkatkan oleh Wali Kota Eri dari halaman Balai Kota Surabaya lalu mengelilingi Surabaya dan finish di Alun-alun Surabaya. Mereka nampak menikmati udara Surabaya di pagi hari.

Seusai Sunmori, Wali Kota Eri menjelaskan bahwa acara pagi ini merupakan serangkaian acara yang digelar oleh Komunitas Tangan Di Atas (TDA) dan kali ini bekerjasama dengan para komunitas vespa. Acara TDA itu sudah digelar sejak beberapa hari lalu di Alun-Alun Surabaya dan kali ini puncaknya ditutup dengan Sunmori.

“Pagi ini kita mengelilingi Surabaya bersama komunitas vespa yang sangat luar biasa, karena tadi ada sekitar 2 ribuan yang ikut dari berbagai komunitas vespa,” kata Wali Kota Eri didampingi Rini Indriyani Eri Cahyadi.

Yang lebih mengejutkan lagi, ternyata peserta Sunmori ini tidak hanya berasal dari Kota Surabaya. Namun, banyak juga yang berasal dari luar Kota Surabaya. Bahkan, yang paling jauh ada yang berasal dari Makasar.

“Jadi, kami di sini sekarang mengenalkan Kota Surabaya, mengenalkan keguyuban Surabaya, mengenalkan ciri khas warga Kota Surabaya, sehingga saya berharap kepada mereka bisa terkenang dan mereka bisa kembali lagi ke Surabaya karena kangen dengan rasa guyub rukunnya warga Kota Surabaya,” tegasnya.

Bagi Wali Kota Eri dan bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, pengenalan-pengenalan Kota Surabaya semacam ini sangat dibutuhkan bagi warga yang berasal dari luar Kota Surabaya, terutama bagaimana warga menyambut mereka. “Jadi, silahkan datang ke Surabaya dan rasakan nyamannya dan senangnya berada di Surabaya, yang pasti juga mereka harus terkenang dengan Kota Surabaya,” tegasnya.

Oleh karena itu, Wali Kota Eri menegaskan ke depannya akan terus mengenalkan Surabaya dengan berbagai komunitas. Jika tahun lalu sudah ada komunitas sepeda yang ikut memeriahkan HJKS, maka tahun ini ada komunitas vespa dari berbagai daerah di Indonesia yang turut memeriahkan HJKS ini.

“Kita akan terus merangkul berbagai macam komunitas, kita akan mengenalkan kepada semua pihak bahwa Surabaya merupakan kota yang rukun dan Surabaya tidak hanya menjadi kota jasa, tapi juga banyak wisatanya. Silahkan datang ke Surabaya, kita akan kenalkan titik-titik yang ada di Surabaya dan silahkan merasakan nyamannya dan guyubnya warga Kota Surabaya,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan terimakasih banyak kepada Komunitas Tangan Di Atas yang telah bekerjasama dengan Pemkot Surabaya dalam menggelar berbagai acara, termasuk acara Sunmori pagi ini. Wali Kota Eri juga menyampaikan terimakasih banyak kepada komunitas vespa Surabaya yang telah menjadi tuan rumah yang baik bagi komunitas vespa dari luar Surabaya. “Saya juga menyampaikan terimakasih banyak kepada seluruh teman-teman komunitas vespa yang telah hadir dan menikmati udara pagi di kota kami tercinta. Semoga terkenang,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pesta Wirausaha, Malik Atmadja, menjelaskan bahwa Sunmori ini adalah serangkaian dari acara Pesta Wirausaha yang digelar sejak beberapa hari lalu di Alun-Alun Surabaya. Tentunya, berbagai acara yang digelar itu untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-730.

“Untuk Sunmori ini ternyata pesertanya sangat luar biasa, ada sekitar 2 ribuan yang ikut dalam acara ini. Mereka berasal dari Surabaya dan luar Surabaya, ada pula yang sampai dari Makasar datang ke Surabaya,” katanya.

Ia juga memastikan bahwa acara Sunmori bersama Komunitas Vespa ini baru pertama kali digelar khusus untuk menyambut dan memeriahkan HJKS. Tentunya, ke depan ia berharap acara serupa bisa terus digelar di Kota Pahlawan. “Semoga ini bukan akhir, tapi ke depannya insyaallah akan terus kita gelar,” pungkasnya. (Q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *