Ketua DPRD Tanbu Ingatkan Pentingnya Kontribusi Insan Pers dalam Pembangunan

BANJARMASIN (Suarapubliknews) – Ketua DPRD Kabupaten Tanah Bumbu H. Supiansyah menyampaikan pesan soal pentingnya peran insan Pers dalam memberikan kontribusi pembangunan di suatu daerah berupa penyebaran informasi soal hasil pembangunan.

H. Supiansyah mengatakan, bahwa pelaku media seperti wartawan merupakan corong pemerintah dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, sehingga hasil Pembangunan Daerah bisa diketahui oleh Publik

Pernyataan tegas ini disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Tanah Bumbu kepada insan media yang berada di ruang wartawan (pressroom) DPRD Kalimantan Selatan, usai menghadiri rapat dengan Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan Syafruddin. Selasa (23/3/2021 )

Menurut dia, wartawan membantu menyebarkan informasi melalui tulisan sehingga membuat orang tahu akan suatu peristiwa walau dalam jarak jauh sekalipun.

”Sejauh ini saya sering mengatakan kepada kawan-kawan dalam menulis berita harus memperhatikan kode etik jurnalistik,” katanya.

Dia sebutkan, sebagai salah satu wujud hak asasi manusia, kebebasan pers di Indonesia telah dijamin dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 1999.

Meski demikian, ungkap H.UPI, kebebasan tersebut bukanlah kebebasan yang mutlak, tetapi kebebasan yang disertai dengan tanggung jawab sosial.

”Kata kunci dari ini Check and balance harus dilakukan. Kalau mau mengangkat berita ya konfirmasi dulu ,” kata H.UPI.

Selain itu, setiap kegiatan pers harus menghormati hak asasi setiap orang dan harus bertanggung jawab kepada publik.

” Agar tanggung jawab sosial tersebut benar-benar terlaksana, maka dibentuklah Kode Etik Jurnalistik untuk wartawan,” pungkasnya. (q cox, Imran)

Reply