NasionalPemerintahan

Koordinasikan SIKN, Dispersip Kalsel Kunjungi Pemkab Tanbu

12
×

Koordinasikan SIKN, Dispersip Kalsel Kunjungi Pemkab Tanbu

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (suarapubliknews.net) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu menerima kedatangan tim dari Dispersip Provinsi Kalimantan Selatan, di Batulicin. Selasa (14/06/2022)

Tim dari Dispersip Prov. Kalsel dipimpin Kabid Pembinaan dan Pelayanan Kearsipan Dra. Chozanatun Nisa didampingi oleh tim teknis yaitu Muamar, SH selaku Arsiparis Ahli Muda.

Kedatangan tim dari Prov. Kalsel disambut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanbu yang diwakili Kabid Kearsipan Hj. Noryana.

Kabid Pembinaan dan Pelayanan Kearsipan Dra. Chozanatun Nisa, mengatakan maksud dan tujuan kedatangan tim dari Dispersip Prov. Kalsel ini terkait koordinasi untuk lebih mengaktifkan simpul Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) yang ada di Kalimantan Selatan.

“Kedatangan tim kami dari provinsi adalah untuk menyampaikan bahwa saat ini Prov. Kalsel telah ditunjuk sebagai salah satu pilot project lomba JIKN, oleh karena kami ingin mengaktifkan JIKN yg ada di Kalimantan Selatan”, sebut Dra. Chozanatun Nisa.

Dikatakannya, untuk dapat mengikuti lomba tersebut, Pemerintah Kabupaten/Kota disyaratkan dapat mengupload koleksi arsip statisnya ke SIKN paling tidak sebanyak 500 arsip.

Sementara itu, Kepala Dispersip Tanbu, Yulia Rahmadani melalui Kabid Kearsipan Hj. Noryana, menyambut baik berkenaan dengan kedatangan Tim dari Dispersip Provinsi Kalsel.

Menurut Hj. Noryana, Tanah Bumbu saat ini masih proses belajar mendalami tentang SIKN dan JIKN, karena beberapa kali percobaan upload mengalami kendala gangguan server.

Saat ini, sambungnya untuk koleksi arsip statis yang nantinya akan diupload ke SIKN sudah memiliki daftar arsip statis dan ditahun ini juga sedang melaksanakan kegiatan akuisisi arsip statis pada Kecamatan, yang mana dari kegiatan akuisisi tersebut akan menambah koleksi arsip statis yang sudah ada, dan itu juga bisa dijadikan bahan untuk diupload ke SIKN.

Kesempatan kunjungan ini dimanfaat sebaik mungkin oleh Dispersip Kab.Tanah Bumbu dengan banyak berdialog dan sharing tentang SIKN / JIKN kedepannya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan praktik dan percobaan mengakses dan mengupload beberapa arsip statis Dispersip Kab. Tanah Bumbu yang dipandu oleh tim Dispersip Prov. Kalsel Muamar, SH dengan melakukan Uji coba melalui akun latihan mengingat masih terkendala adanya ganggungan server SIKN / JIKN dari pusat karena adanya peralihan server lama ke server baru.

“Mudah-mudahan dalam satu minggu ini sudah bisa aktif,” jelas Kabid Kearsipan Provinsi Dra. Chozatun Nisa.(imran )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *