Lakukan Psikoedukasi Cegah Covid-19, Mahasiswa UMM Gelar PMM di Wilayah Kabupaten Tanah Bumbu

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Desa Sumber Wangi, Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu mendapatkan kunjungan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang.

Dan mereka melakukan Pengabdian Mahasiswa Masyarakat (PMM) dengan memberikan pendampingan terkait Psikoedukasi Covid-19 pada 14 Desember 2020 lalu.

Kegiatan PMM merupakan kegiatan pengabdian mahasiswa UMM pada masyarakat yang dikelola oleh Departemen Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (DPPM), dengan hal ini Kelompok 15 Gelombang 13 PMM Bhaktimu Negeri UMM memilih lokasi di Desa Sumber Wangi Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan.

Program ini bertujuan untuk menyampaikan informasi dan Psikoedukasi pada anak-anak Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) secara umum apa itu Covid-19 dan bagaimana Covid-19 berkembang disekitar kita.

Kegiatan PMM diawali dengan Pembukaan acara yang dilakukan oleh perwakilan dari Kepala Desa Sumber Wangi, yakni Bapak Susanto. Acara pembukaan PMM berlangsung sederhana yang dihadiri oleh perangkat desa yang hadir.

Program PMM ini dilakukan oleh mahasiswa Jurusan Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang. Kelompok 15 yang di ketuai oleh Nor Masitah yang beranggotakan Muhammad Firman Hari Prabowo, Adamayora, Kirana Dyah Yogasafitri, dan Mareta Ninda Shafyra

Dalam kegiatan ini, kelompok 15 PMM Bhaktimu Negeri diawali dengan pengenalan dan penjelasan mengenai covid-19. Psikoedukasi pertama adalah materi Covid-19, pada kegiatan ini jumlah peserta yang hadir berjumlah 65 anak, dan 6 guru mengaji.

Kegiatan yang dibimbing oleh Dosen Lapangan Nur Hayatin, S.ST., M.Kom ini berlangsung dengan baik dan lancar. Melalui Psikoedukasi yang dilaksanakan oleh mahasiswa PMM-UMM masyarakat sekitar terutama anak-anak di desa Sumber Wangi Kecamatan Karang Bintang telah mampu memahami bagaimana menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi.

Antusias anak-anak TPQ Sumber Wangi sangat meriah. Materi yang disampaikan berupa gambaran umum Covid-19, apa saja gejala bila kita terkena Covid-19 dan beberapa langkah aksi yang harus dilakukan agar terhindar dari bahaya Covid-19, tak hanya itu teman-teman PMM kelompok 15 juga mengadakan demo penggunaann masker yang benar kepada anak-anak TPQ Desa Sumber Wangi.

“Dengan materi-materi yang disampaikan, kami juga mengangkat bagaimana agar warga tetap sehat dan ceria walaupun pandemi ada disekitar kita,” jelas Nur Hayatin. (q cox, imran)

Reply