Jatim RayaPemerintahan

Launching BIAN Jatim, Wagub Emil Minta Orang Tua Tak Ragu Ajak Anaknya Imunisasi

15
×

Launching BIAN Jatim, Wagub Emil Minta Orang Tua Tak Ragu Ajak Anaknya Imunisasi

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak secara resmi melaunching Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di wilayah Jawa Timur dalam acara Rapat Koordinasi Prioritas Pembangunan Kesehatan Provinsi Jawa Timur, di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Selasa (02/08).

Wagub Emil mengatakan bahwa pandemi covid-19 mengakibatkan pelaksanaan imunisasi rutin tidak dapat berjalan optimal. Data beberapa tahun terakhir menunjukkan terjadinya penurunan cakupan imunisasi rutin, baik itu imunisasi dasar maupun imunisasi lanjutan, yang cukup signifikan.

Untuk itu, lanjut Emil, dengan adanya pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional pada Agustus ini, ia meminta para orang tua yang anaknya berusia 9 bulan sampai dengan 59 bulan untuk tidak ragu melakukan imunisasi bagi anaknya. Terutama bagi anak yang belum imunisasi rutin maupun lanjutan.

“Mari di Bulan Imunisasi Anak Nasional ini kita kejar imunisasi anak-anak kita yang kemarin sempat tertunda karena pandemi. Karena dengan imunisasi maka kita bisa mengurangi Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) dan terjadinya kejadian luar biasa atau KLB PD3I seperti campak, rubela dan difteri di beberapa wilayah,” katanya.

Pelaksanaan BIAN ini menjadi bukti komitmen Jatim dalam upaya mencapai target global yakni eliminasi Campak Rubela/Congenital Rubella Syndrome (CRS) pada tahun 2023. Serta ikut mempertahankan Indonesia Bebas Polio.

“Upaya penting dalam mencapai eliminasi campak-rubela/ CRS, selain dengan penguatan imunisasi rutin, juga melaksanakan pemberian imunisasi tambahan campak-rubela yang sifatnya massal dan tanpa memandang status imunisasi sebelumnya bagi sasaran prioritas yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Menurut Wagub Emil, dalam pencapaian eradikasi polio global, dibutuhkan upaya imunisasi kejar polio injeksi untuk menutup kesenjangan imunitas dan memastikan anak-anak terlindungi dari virus polio tipe 2. Upaya-upaya tersebut dilaksanakan melalui kegiatan BIAN.

Selain imunisasi tambahan campak rubella, lanjut Emil, Jatim telah melaksanakan imunisasi kejar. Yaitu melengkapi imunisasi rutin (polio dan DPT-HB-HIB ) yang belum lengkap didapat saat bayi dan balita di bawah dua tahun (baduta).

“Pelaksanaan imunisasi kejar ini sudah mulai dilaksanakan sejak Bulan Mei 2022 dan akan terus berlangsung sampai semua anak yang belum lengkap imunisasinya dapat terimunisasi lengkap sesuai usianya,” lanjutnya.

Bulan Imunisasi Anak Nasional di Jawa Timur ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 dengan pemberian imunisasi tambahan campak rubella (MR) kepada sasaran usia 9 bulan sampai dengan 59 bulan dan target sasaran sebanyak 2.399.159 anak.

Kegiatan ini dilaksanakan secara gratis di seluruh sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), taman kanak-kanak (TK), serta pos pelayanan imunisasi seperti posyandu, polindes, poskesdes, puskesmas pembantu, puskesmas dan rumah sakit, dll.

Data hasil imunisasi kejar Jawa Timur sampai dengan tanggal 25 juli 2022 adalah untuk polio tetes sebanyak 26.541 anak (18.68%), polio suntik sebanyak 53.611 (24.59%) anak, serta DPT-HB-HIB sebanyak 68.748.anak (29.23%).

Kegiatan imunisasi kejar polio dan DPT-HEB B-HIB ini akan berhasil memberikan perlindungan terhadap penyakit Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I)  pada anak-anak jika tercapai target minimal ≥ 80% tinggi dan merata di seluruh desa.

Lebih lanjut Wagub Emil mengatakan, vaksin yang digunakan dalam pelaksanaan BIAN ini aman dan berkualitas serta telah mendapatkan rekomendasi dari WHO dan mendapatkan izin edar dari BPOM.

Vaksin MR 95% efektif untuk mencegah Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi (PD3I) seperti campak, rubella, difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, meningitis, pneumonia serta polio serta telah digunakan di lebih dari 141 negara di dunia.

“Oleh karena itu, untuk menyukseskan BIAN, perlu  dukungan penuh dari semua pihak yaitu pemerintah, swasta, akademisi, masyarakat  dan media (Pentahelix) serta komitmen yang tinggi dari Bupati/Walikota,” ajaknya.

Dalam kesempatan ini, Wagub Emil didampingi Ketua TP PKK Provinsi Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak turut menyerahkan Piagam Penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Berpredikat BAIK dalam Kinerja Pencapaian Imunisasi Rutin Lengkap (IRL) periode Bulan Januari-Mei 2022. Penghargaan ini diterima oleh Kab. Gresik, Kab. Lamongan, Kab. Sidoarjo, Kab. Banyuwangi, Kab. Jombang, Kab. Bojonegoro, Kota Surabaya, dan Kab. Mojokerto. (Q cox, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *