Pemerintahan

Optimalisasi Layanan Kemanusiaan, Wali Kota Eri Resmikan Gedung Baru PMI di Jalan Sumatera Surabaya

87
×

Optimalisasi Layanan Kemanusiaan, Wali Kota Eri Resmikan Gedung Baru PMI di Jalan Sumatera Surabaya

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meresmikan Pembangunan dan Renovasi Lantai 1 dan 2, Gedung Baru Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya, di Jalan Sumatera no 71, Kota Surabaya, Senin (4/3/2024). Gedung PMI tersebut berfungsi menjadi Kantor Pengurus, Markas PMI, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Relawan, serta Posko Kebencanaan.

Keunggulan lainnya adalah Gedung Baru PMI terkoneksi langsung dengan layanan Command Center (CC) 112 Surabaya untuk mempercepat gerak relawan PMI guna memberikan pertolongan pertama kepada penderita atau korban cedera kecelakaan yang memerlukan medis dasar.

Wali Kota Eri mengatakan, hingga saat ini, pembangunan dan renovasi yang telah selesai adalah Lantai 1 dan Lantai 2. Keseluruhan proses pembangunan dan renovasi Gedung PMI Kota Surabaya ditargetkan selesai pada tahun 2024 agar PMI Kota Surabaya dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, khususnya di sektor kesehatan.

“Alhamdulilah hari ini di launching Gedung Lantai 1 dan 2, Insyaallah kita akan melanjutkan pekerjaan untuk Lantai 3 dan 4. Semoga ditahun ini bisa selesai, sehingga pelayanan PMI bisa semakin maksimal kepada masyarakat Kota Surabaya,” kata Wali Kota Eri.

Dengan dibangunnya Gedung Baru PMI di Jalan Sumatera Kota Surabaya ini, Wali Kota Eri berharap pelayanan PMI kepada masyarakat akan jauh lebih maksimal. Serta, pengembanganan organisasi PMI bisa dilakukan dengan lebih cepat dan nyaman.

“Pelayanan PMI terkait donor darah akan semakin sempurna dan semakin cepat. Dan, pengurus PMI bisa lebih nyaman, tidak berdesakan, jadi bisa bekerja lebih nyaman,” ujar dia.

Wali Kota Eri menerangkan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya turut mendukung proses pembangunan Gedung Baru PMI Kota Surabaya di Jalan Sumatera, Surabaya. Sebab, pemkot dan PMI terus bersinergi dalam memperkuat layanan kemanusiaan.

“Ketika membantu korban kecelakaan di jalan,  terkoneksi dengan 112. Sehingga membutuhkan sinergi yang kuat, untuk mempercepat layanan kemanusiaan,” terangnya.

Selain itu, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkot Surabaya rutin melakukan donor darah guna membantu menambah ketersedian stok darah di Kota Pahlawan. “InsyaAllah dalam waktu dekat juga akan kita lakukan di Balai Kota karena para ASN sudah banyak yang melakukan donor darah, bahkan sudah ada yang puluhan tahun,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Surabaya, Ikhsan menyampaikan bahwa Gedung Baru PMI Kota Surabaya di Jalan Sumatera no 71, Kota Surabaya, difungsikan sebagai Kantor Pengurus, Markas PMI, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Relawan, serta Posko Kebencanaan.

“Kalau Unit Donor Darah PMI di Jalan Embong Sawo lengkap dengan segala macam peralatannya difokuskan untuk layanan donor darah. Di sini, adalah markas pendukung bagi relawan, dan operasionalnya. Kalau dulu berdesakan karena semua terpusat di Embong Sawo, tapi sekarang punya tempat tersentral,” kata Ikhsan.

Salah satu fasilitas yang ada di PMI Jalan Sumatera adalah mengkoneksikan layanan kemanusiaan dengan CC 112 Surabaya. Yakni, mempercepat relawan PMI memberikan pertolongan pertama kepada korban cedera kecelakaan yang memerlukan medis dasar.

“Kita bisa memantau dari layar monitor jika ada kecelakaan. Jadi dari 112 itu langsung terkoneksi untuk mempermudah dan mempercepat proses penanganan. Sehingga TGC, digandeng juga dengan relawan PMI,” jelasnya.

Ia menambahkan, nantinya Lantai 3 dan 4 Gedung Baru PMI itu akan di tata sebagai tempat istirahat bagi relawan PMI, dan posko operasional. “Untuk Lantai 1 dan 2 sudah beroperasi, sambil kita lanjutkan untuk Lantai 3 dan 4. Harapnya bisa cepat selesai karena nanti akan menyatu dari gedung lama dan gedung baru,” pungkasnya (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *