Optimalkan Partisipasi Perempuan Dalam Ekonomi, DWP Tanbu Gelar Rakor Program Kerja Tahun 2023

BATULICIN (Suarapubliknews) – Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tanah Bumbu (DWP Tanbu), menggelar rapat koordinasi (rakor) program kerja tahun 2023 dan sosialisasi partisipasi perempuan di bidang ekonomi melalui koperasi, Rabu (11/01/2023) di Gedung PKK Kapet Kecamatan Simpang Empat.

Kegiatan dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. Tanbu, Kepala SKPD lingkup Pemerintah Daerah, Pengurus DWP, ketua unit, dinas, badan, bagian, kecamatan, kelurahan, beserta anggota DWP, dan tamu undangan.

Visi organisasi DWP ialah menjadi organisasi istri Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional, untuk memperkuat peran serta perempuan dalam pembangunan bangsa.

Dalam sambutannya, Ketua DWP Tanbu, Hj Hasnah Mashude Ambo Sakka menyampaikan apresiasi atas kehadiran pengurus dan anggota DWP yang mana mencapai respon positif 99 persen kehadiran.

“Hari ini kita laksanakan, sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, berdasarkan Pasal 24 dan Pasal 25, kita memulai tahun 2023 dengan rapat kerja dan menyempurnakan organisasi kita, DWP dalam hal ini kita ingin bersinergisitas dengan dinas, terkait kegiatan program kerja DWP kedepan,” ujarnya.

Selain itu, Hj Hasnah juga mengatakan akan melaksanakan pra koperasi untuk DWP Tanbu, menjalankan visi dan misi DWP dari pusat, yangmana tugas utamanya adalah mensejahterakan anggota DWP.

Ketua DWP Tanbu tersebut tersenyum gembira sambil mempersilahkan bagi anggotanya untuk mulai memunculkan gagasan berwirausaha di pra koperasi nantinya.

DWP menghadirkan wujud pra kooperasi dengan tujuan untuk siap membantu keperluan dengan bunga yang rendah.

“Hari ini saya berharap, DWP kita bersama harus solid, bersatu membangun kabupaten ini kedepan sesuai visi dan misi dari ketetapan pusat dan menjaga nama baik, juga dalam berjalannya raker nantinya kami ingin ada masukan dari unit, yang mana sesuai misi Kabupaten Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah,” lanjut Hj. Hasnah.

Raker dibuka secara resmi oleh Sekda H Ambo Sakka. Hal senada disampaikan Sekda, bahwa raker DWP ini merupakan suatu hal penting dan mendasar untuk dibahas dalam program kerja satu tahun kedepan.

“Program kerja DWP, akan kita sinkronkan dan pleno kan pada rapat kerja daerah yang dihadiri seluruh pejabat Pemkab Tanbu,” kata Sekda.

Disamping itu, DWP selama ini sudah mendukung Pemkab Tanbu, hal-hal terkait program kerja bersama pemerintah daerah, yang menjadi krusial dan urgen untuk diselesaikan, diharapkan DWP siap mendampingi, terutama dalam dua poin yaitu penanganan kemiskinan dan penanganan kasus stunting di daerah.

Sekda Ambo, juga turut mengapresiasi dengan adanya launching pra koperasi DWP, sebagai wadah simpan pinjam.

“Bangun sinergisitas, jadikan lah pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah bagi DWP, agar tetap menjaga semangat dalam menjalankan fungsi dan tugasnya secara maksimal, mari kita bangun kebersamaan dan persatuan,” pungkas Sekda Kab Tanbu.

Kegiatan selanjutnya, penyampaian sosialisasi pembentukan pra koperasi DWP, disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Tanbu, Deny Hariyanto.

Deny menilai pembentukan pra koperasi DWP, merupakan hal yang tepat, sebagaimana dirinya menjelaskan tentang badan hukum pembentukan koperasi, dan pengetahuan lebih lanjut tentang koperasi. (q cox, Imran)

Reply