Pasca Gunung Agung Erupsi, Wilayah Bali Diguncang Gempa Bumi

BALI (Suarapubliknews.net) – Jika kemarin Gunung Agung erupsi dan memuntahkan lava pijar beberapa kali, hari ini Selasa (3/7/2018) pagi pukul 08.19 WIB, Bali diguncang Gempa dengan kekuatan 5,0 skala Ritcher (SR)

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 08:19:00 WIB, atau 09:19:00 WITA. Kekuatan gempa sebesar Mag:5.0 skala ritcher. Pusat gempa berada di darat 112 Km Barat Daya Denpasar, Bali, Kedalaman 10 Km. Lokasi gempa sendiri berada di Lok:9.68 LS,115.20 BT 112 Km Barat Daya Denpasar, Bali.

Hasil analisis terbaru BMKG menunjukkan, gempa ini memiliki magnitudo M=4,9. Episenter, terletak pada koordinat 9,66 Lintang Selatan dan 115,22 Bujur Timur. Tepatnya di laut pada jarak 110 km arah selatan Denpasar, dan pada kedalaman 24 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa selatan di Bali ini merupakan gempa bumi berkedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia, tepatnya Samudra Hindia di bawah cekungan busur muka (fore arc basin),” ujar Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/7/2018).

Daryono menegaskan, gempa ini murni aktivitas tektonik dan tidak berkaitan dengan erupsi Gunung Agung. Gempa tersebut terasa di wilayah II Kuta dan II Nusa Dua serta tidak berpotensi tsunami.

Hasil pengamatan media ini di lapangan, guncangan gempa terasa di daerah Kuta, Badung, Denpasar, dan Gianyar, dalam skala intensitas III MMI. Getaran gempa juga terasa hingga Mataram Lombok dalam II MMI. Dampaknya, warga sempat panik dan berlarian saat gempa terjadi (q cox, Topan)

Reply