Peduli Budaya dan Lingkungan,  Pemkab Tanbu Siapkan 24 Sekolah Adiwiyata

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Sekolah di Kabupaten Tanah Bumbu dipersiapkan untuk menjadi Sekolah Adiwiyata di tahun 2021. Sedikitnya 24 dari Sekolah tersebut merupakan sekolah yang berbudaya dan peduli lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Tanbu, Rahmat Prapto Udoyo melalui Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Siti Fatimah menjelaskan. Hal ini merupakan upaya Pemerintah Daerah guna mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan dengan berprinsip pada edukatif, partisipatif dan berkelanjutan.

“Tentunya DLH Kab Tanah Bumbu terus fokus melakukan pembinaan program Adiwiyata di sejumlah sekolah. Pembinaan itu akan dilakukan secara berkesinambungan dengan cara inventarisasi dan verifikasi,” ujar Siti Fatimah, Jum’at (11/02/2021) kemarin.

Ia menyampaikan dengan 24 sekolah yang disiapkan menjadi calon sekolah Adiwiyata terdiri berbagai tingkatan yakni sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten sebanyak 11 Sekolah, Tingkat Provinsi 2 sekolah, Tingkat Nasional 9 Sekolah, dan tingkat Mandiri Nasional 2 Sekolah.

Sambungnya, dampak positif dari penerapkan program Adiwiyata adalah menjadikan sekolah sebagai tempat belajar yang ideal, nyaman, asri, sejuk dan menyenangkan. Sehingga akan terwujud perilaku dengan budaya bersih, hemat, rajin, disiplin, jujur, bertanggungjawab dan santun.

“Kita berharap, melalui program Adiwiyata akan mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran seluruh warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan melalui penerapan kurikulum meningkatkan peran aktif seluruh warga sekolah.” jelasnya.

Dia rincikan, fokus sasaran Sekolah Adiwiyata Dinas Lingkungan Hidup Tanah Bumbu tahun 2021 yakni, calon sekolah Adiwiayata Tingkat Kabupaten diantaranya SDIT Ar-Rasyid, SDN Angsana, SMPN 1 Batulicin, SMPN 2 Angsana, SDN 1 Kusambi, SMPN 7 Kusan Hilir, SDN 1 Sukadamai, SMPN 4 Mantewe, MIS Sairussalam Kecamatan Satui, MTsN 3 Tanah Bumbu Kecamatan Satui dan MAS Az Zikra Batulicin.

Selanjutnya SMPN 2 Sungai Loban dan SMK Iluna Kecamatan Angsana sebagai calon Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi.

Calon Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional diantaranya SDIT Dhia El Widad, SDN 8 Kampung Baru, SMPN 3 Kusan Hilir, SDN 1 Manunggal, SMAN 1 Angsana, SDN 1 Sari Mulya Kecamatan Sungai Loban, SMPN 1 Simpang Empat, SMKN 2 Simpang Empat dan SMAN 1 Satui.

Berikutnya calon Sekolah Adiwiyata tingkat Mandiri Nasional yakni SMAN 1 Sungai Loban dan SMAN 1 Simpang Empat. (q cox, Imran)

Reply