Pemkab Tanbu Siapkan Lakukan Pemekaran Wilayah, Ini 3 Kecamatan yang Masuk Wacana

BATULICIN (Suarapubliknews) – Atas pertimbangan cakupan luas wilayah, Kabupaten Tanah Bumbu bakal melakukan pemekaran 3 Kecamatan yang berinduk di Kusan Hilir, Satui dan Karang Bintang dan saat ini masih dalam proses yang ditangani Bagian Pemerintahan Sekretariat Pemkab Tanah Bumbu.

Disampaikan Kabag Tata Pemerintahan Kadri Mandar, Pemekaran ini dalam rangka memaksimalkan dan optimalisasi pelayanan publik kepada masyarakat.

Meski itu, Pemerintah Kabupaten mengambil kebijakan tepat dimana dari kecamatan itu, masih banyak yang dianggap perlu dimekarkan segera. Sebab, ada sejumlah kecamatan yang memiliki luas lahan dan jumlah desa yang banyak dan berdampak pada pelayanan.

“Jadi tahun ini kita proses pemekaran 3 kecamatan itu yang akan dimekarkan, ”
Untuk Kusan Hilir dan Kecamatan Satui, memenuhi untuk dimekarkan sesuai jumlah desa. Sedangkan Kecamatan Karang Bintang digabung dengan Kecamatan Mantewe.” kata Kadri Mandar, Minggu (16/1/2021).

“Jadi ada penggabungan beberapa desa di kecamatan Karang Bintang dan sejumlah desa di Kecamatan Mantewe,” terang Kadri.

Pemekaran itu sambungnya, saat ini sudah pada tahapan penyampaian permohonan pembentukan kecamatan baru dari Bupati Tanah  Bumbu ke Gubernur Kalsel melalui Biro Pemerintahan Setda Provinsi.

“Sudah kita sampaikan ke Provinsi soal rencana pemekaran ini, kita menunggu hasilnya,” tandasnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tanah Bumbu, Samsir, menambahkan, jika untuk kecamatan yang dimaksud memang dianggap sudah cukup untuk dimekarkan.

“Dengan adanya rencana pemekaran kecamatan tentu akan bernilai positif terhadap pelayanan dasar, peningkatan infrastruktur serta pemerataan pembangunan. Ini harapan kami, ” sebutnya.

Dijelaskannya, Kecamatan Kusan Hilir saat ini memiliki 21 desa. Kecamatan Satui sebanyak 20 desa dan kecamatan Karang Bintang sebanyak 14 desa.

“Nah untuk pemekaran ini, memang untuk di Karang Bintang, Kecamatan Mantewe dan Kusan Hulu ada yang ditarik menjadi satu kecamatan nantinya. Semoga ini bisa berjalan lancar,” tutup Samsir. (q cox, Imran)

Reply