Pemkot Surabaya Mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Kota Surabaya

SURABAYA (Suarapubliknews) -. Pemerintah Kota Surabaya (Pemkot Surabaya) mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Surabaya sebagai upaya mempercepat akses keuangan bagi pelaku UMKM di Kota Surabaya.

Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK, Kristianti Puji Rahayu mengatakan dengan dikukuhkannya TPAKD Kota Surabaya, maka jumlah TPAKD yang telah terbentuk saat ini adalah 324 TPAKD, yang terdiri dari 34 TPAKD tingkat Provinsi (atau semua Provinsi telah memiliki TPAKD), dan 282 TPAKD tingkat Kabupaten/Kota. “Dengan demikian masih terdapat 224 kabupaten masih perlu untuk membentuk TPAKD,” katanya

Kepala OJK Regional 4 Jawa Timur, Bambang Mukti Riyadi mengatakan, saat ini telah terbentuk 13 TPAKD Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur yang masing-masing memiliki program unggulan. “OJK sangat mengapresiasi Pemkot Surabaya yang telah melakukan serangkaian kegiatan dalam rangka meningkatkan akses keuangan,” katanya.

Diantaranya : Pameran Surabaya Fashion Week yang diselenggarakan pada tanggal 31 Oktober 2021 hingga 7 November 2021 untuk memfasilitasi UMKM Kota surabaya mendapatkan akses keuangan dan pemasaran serta untuk menyukseskan Program Bangga Buatan Indonesia (BBI) sekaligus Bulan Inklusi Keuangan.

Pembukaan Rekening Simpanan Pelajar yang dikolaborasikan dengan pemberian bantuan beasiswa kepada pelajar SMP di Kota Surabaya dari keluarga Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Walikota Surabaya Eri Cahyadi sangat mendukung adanya TPAKD di kota Surabaya karena program TPAKD berkaitan langsung pada upaya peningkatan akses bagi UMKM kepada industri jasa keuangan, kredit melawan rentenir dan kampanye literasi dan inklusi keuangan. Selain itu, TPAKD juga memperluas penyediaan pendanaan produktif untuk pengembangan UMKM, usaha rintisan (start up business) dan pembiayaan pembangunan pada sektor prioritas.

“TPAKD Kota Surabaya memiliki program prioritas yaitu:Pembiayaan Bunga Rendah melalui Pinjaman UMKM Surabaya Pasti Tangguh (Puspita) yang disalurkan oleh PT BPR Surya Artha Utama dengan dukungan dari Pemerintah Kota Surabaya,” katanya.

Pemberdayaan dan Ketahanan Ekonomi Nang Suroboyo (PEKEN) yang merupakan e-commerce Kota Pahlawan untuk memfasilitasi pedagang kelontong, koperasi, dan UMKM yang telah dilakukan launching di acara Surabaya Fashion Week pada tanggal 31 Oktober 2021 bertepatan dengan Bulan Inklusi Keuangan.

Adapun anggota TPAKD Kota Surabaya yang dikukuhkan oleh Pemkot Surabaya terdiri dari Otoritas Jasa Keuangan  Regional 4 Jawa Timur, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Surabaya, Lembaga Jasa Keuangan di Kota Surabaya, Kementerian Agama Kantor Wilayah Surabaya, Badan Pusat Statistik Kota Surabaya dan stake holders terkait. (q cox, tama dinie)

Reply