Pj.Gubernur Kalsel Tinjau Posko Peniadaan Mudik di Wilayah Kabupaten Tanbu

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Kabupaten Tanah Bumbu mendapat kunjungan dari Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA. Kunjungan ini dalam rangka monitoring peniadaan mudik lebaran di sejumlah posko, Sabtu (8/5/2021).

Turut mendampingi Sekda Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar disambut langsung Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar, Kapolres Tanbu AKBP Himawan Sutanto Saragih, Kasdim dan sejumlah jajaran Pemkab Tanbu.

Selain posko mudik lebaran di Pelabuhan Ferry Batulicin, Safrizal juga meninjau gudang farmasi vaksin di daerah Perkantoran Pemkab Tanbu.

Pejabat Kemendagri ini mengatakan, Tanah Bumbu merupakan titik yang terakhir dalam kunjungan kerjanya guna melaksanakan monitoring peniadaan mudik lebaran di Provinsi Kalsel.

Ketahui Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bernomor 500/2784/31 tertanggal 4 Mei 2021 tentang pelarangan kegiatan buka puasa bersama dan open house gubernur, bupati/walikota se-Indonesia menjadi acuan Safrizal yang selanjutnya mengeluarkan Surat Edaran (SE) bernomor 065/1836/Dinkes/Tahun 2021 tentang peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah dan upaya pengendalian penyebaran Covid-19 di Kalsel.

“Kebijakan peniadaan mudik lebaran tersebut untuk mengurangi tingkat penyebaran Covid-19 di Kalimantan Selatan dan meningkatnya mobilitas masyarakat di bulan Ramadhan hingga lebaran,” ujarnya.

Selain itu juga, dalam rangka penanggulangan dan pencegahan terhadap lonjakan Covid-19 di Kalsel. Maka pemerintah daerah pada saat ini melakukan pemberlakuan kebijakan peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah.

Pada kesempatan ini, Safrizal juga membeberkan terkait pelaksanaan vaksinasi untuk tenaga kesehatan (Nakes) se-Kalsel yang sudah mencapai 95 persen.

“Sementara itu, vaksinasi kepada lansia saat ini sudah dilaksanakan sebanyak 30 persen,” ucapnya. (q cox, Imran)

Reply