POPDA XIII dan PEPARPEDA I Jatim 2022, Gubernur Khofifah: Jadikan Momen  Memperkuat Persaudaraan Dan Sportifitas

SIDOARJO (Suarapubliknews) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara resmi membuka pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XIII dan Pekan Paralimpik Pelajar Daerah (PEPARPEDA) I Jawa Timur Tahun 2022 di Gedung Serbaguna GOR Kab. Sidoarjo, Selasa (8/11).

Kepada seluruh atlet dan pelatih, Gubernur Khofifah berpesan agar menjadikan ajang ini untuk memperkuat  persaudaraan antar sesama atlet serta membangun sportifitas. Untuk itu, dirinya menekankan pentingnya sportifitas dan persahabatan dengan menjunjung tinggi sikap fair play.

Terlebih, hal ini juga sejalan dengan isi dari Janji Atlet yang turut dibacakan oleh seluruh atlet. “Janji atlet yang telah dibacakan oleh semua atleh pada hari ini adalah bagian dari membangun persahabatan, saling mengenal, saling menguatkan persaudaraan serta yang kedua adalah objektif,” pesannya.

Ditambah dengan penyelenggaraan PEPARPEDA Jatim yang pertama kalinya, disebut Gubernur Khofifah juga menjadi momen penguatan semangat dan disiplin sebagai sesama atlet satu dengan lainnya.

“Saya rasa ini akan menjadi bagian dari penguatan semangat disiplin semangat untuk membangun kebersamaan persaudaraan dan persahabatan antara satu dengan yang lain. Perlu kita tanamkan pula sikap disiplin untuk meraih prestasi dan saling menghormati sesama atlet,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemkab Sidoarjo sebagai tuan rumah penyelenggara serta Pemkab/Pemkot se-Jatim sebagai peserta pekan olahraga.

“Kepada para panitia penyelenggara yang telah membantu suksesnya pelaksanaan POPDA XIII dan PEPARPEDA I Jawa Timur tahun 2022, saya sampaikan terima kasih. Panitianya sungguh luar biasa,” tandasnya.

Di akhir, Gubernur Khofifah juga memberi semangat secara langsung kepada para calon atlet masa depan kebanggaan Jatim. Dirinya, pun mendokan agar seluruh rangkaian pertandiangan berjalan aman dan lancar. “Selamat bertanding, mudah-mudahan lancar sehat sukses semua. Saya berharap bahwa anak-anak sekalian olahraganya sukses sekolahnya sukses,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengucapkan rasa terima kasihnya atas diberinya kesempatan Kabupaten Sidoarjo menjadi tuan rumah pelaksanaan POPDA ke-XIII dan PPEPARPEDA ke-I di Jatim.

“Terimakasih atas kesempatan yang sudah diberikan kepada Kab. Sidoarjo selaku tuan rumah ajang bergengsi ini. Semoga semua kerasan dan bisa menyempatkan jalan-jalan dan belanja disini,” ungkapnya.

Kepada seluruh atlet yang akan berlaga, dirinya juga mengajak untuk menjunjung tinggi sportivitas dalam bertanding nantinya. “Ini adalah ajang atau sebuah awal bagi para atlet-atlet semua untuk mengasah dan menguatkan mental diri. Ingatlah, ada sportivitas yang harus dijaga bersama. Selamat bertanding semuanya,” pungkasnya.

Proses pembukaan POPDA ke-XIII dan PEPARPEDA ke-I Jatim ditandai dengan dinyalakannya Obor Mini Kaldron oleh Gubernur Khofifah didampingi langsung oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali. Gelaran POPDA XIII ini digelar pada tanggal 8-12 November 2022 di Sidoarjo dan diikuti 2.516 orang siswa/siswi pilihan dari 38 kabupaten/kota se-Jatim.

Selain itu, POPDA XIII juga didampingi 780 orang pelatih serta official yang mempertandingkan 15 cabang olahraga. Diantaranya, atletik, karate, renang, taekwondo, petangue, catur, panahan, balap sepeda, panjat tebing, tenis, wushu, bridge, gulat, sepatu roda dan selam.

Sementara, PEPARPEDA I dilaksanakan pada 14-16 November 2022 dengan mempertandingkan empat cabang olahraga, yakni atletik, renang, tenis meja serta bulu tangkis. Total jumlah peserta PEPARPEDA I sebanyak 243 siswa/siswi dari 29 kabupaten/kota se-Jatim dan didampingi 114 official.

Beragam atraksi cabor diperagakan dengan apik dan menghibur, diawali atraksi cabor sepatu roda dengan formasi yang sangat menarik, selanjutnya memanah, karate, tennis dan tidak kalah menariknya penampilan belasan anak usia 4 sampai 11 tahun memperagakan push bike sebagai pembibitan cabor balap sepeda.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK sekaligus Ketua Pengprov Perwosi Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak, Wakil Ketua DPRD Jatim Anik Maslachah, Anggota Komisi E DPRD Jatim Adam Rusydi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jatim, Kadispora Kab. Sidoarjo, erta ratusan atlet dan ofisial yang akan berlaga pada POPDA XIII dan PEPARPEDA I Jatim 2022. (Q cox, tama dini)

Reply