PSI Peduli Ajak Masyarakat Jalan Sehat di Wonorejo Selatan

SURABAYA (Suarapubliknews) – Setelah vakum akibat pandemic covid 19, rangkaian perayaan HUT Kemerdekaaan RI kembali berlangsung semarak. Salah satunya adalah even jalan sehat warga yang dilakukan oleh masyarakat dilingkungan tempat tinggalnya.

Contoh yang dilakukan Jalan Sehat Bersama warga RT. 02/RW. 08 Wonorejo Selatan IIIA, Rungkut yang yang diinisiasi oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) bersama Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PSI Rungkut.

Ketua DPD PSI Kota Surabaya Erick Komala mengatakan pihaknya mengadakan Jalan Sehat bersama warga di kecamatan-kecamatan wilayah Surabaya yang dimulai dari tanggal 31 Juli dan berakhir September nanti. “Melalui kegiatan ini, kita ingin masyarakat bergerak lagi untuk hidup sehat, dan ini adalah salah satu olahraga yang simple namun bermanfaat bagi daya tahan tubuh,” katanya.

Jalan sehat yang berlangsung di Jl. Wonorejo Selatan IIIA ini bertujuan mengajak para warga untuk kembali aktif mengikuti kegiatan olahraga bersama yang mana sudah dua tahun ini vakum dikarenakan terkendala adanya pandemi Covid-19.

Selain itu, PSI membuka lebar kesempatan bagi warga yang ingin berjualan membuka stand UMKM-nya selama acara berlangsung, mulai dari kue kering, jajanan lokal, hingga minuman tradisional, sehingga turut memberikan banyak opsi camilan pagi bagi warga yang mengikuti kegiatan jalan sehat.

Selain kegiatan jalan sehat, di acara ini PSI juga terlibat dalam momen mengharukan saat pembagian sembako ke Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Pembagiannya diwakili oleh William Wirakusuma selaku Anggota Fraksi PSI Komisi C DPRD Kota Surabaya.

“Kegiatan seperti ini sudah menjadi salah satu fokus terbesar kami untuk turut menciptakan hidup sehat di kalangan masyarakat, dan bisa berinteraksi langsung dengan warga utamanya masyarakat yang berpenghasilan rendah sehingga kita bisa terjun langsung ke lapangan dalam membantu mereka untuk bisa memiliki kehidupan yang lebih layak dan peduli dengan kesehatan mereka,”, jelasnya.

Bendahara DPC PSI Rungkut yang juga menjadi Sie Acara Endy Rizky Putri menambahkan sebagai sesi hiburan, warga usia anak-anak diberi kesempatan oleh PSI untuk unjuk kebolehan bakat yang dimiliki seperti pertunjukan drum solo, poomsae taekwondo, dan berpuisi. “Anak-anak juga perlu dilibatkan dalam kegiatan warga semacam ini, utamanya dalam menunjukkan bakat dan minat mereka di bidang karya seni, sehingga mereka sudah terbiasa sejak dini tampil di depan umum untuk mengekspresikan diri mereka juga menumbuhkan rasa percaya diri,” tambahnya.

Ketua Panitia sekaligus Sekretaris DPC PSI Rungkut Enrico Daniel mengatakan rangkaian acara inti yang ditunggu-tunggu oleh para warga adalah beberapa sesi pengundian doorprize yang berjumlah 200 hadiah meliputi sembako, alat elektronik, alat makan dan minum, voucher belanja, dan lain sebagainya. Pengundian berlangsung meriah, mulai dari pembagian doorprize hingga grandprizenya.

“Kami sangat bersyukur atas suksesnya acara ini, semoga ke depannya kami bersama PSI bisa selalu menghadirkan kegiatan yang bermanfaat seperti ini untuk lebih dekat dengan warga dan menjadi wadah untuk penyampaian aspirasi dari mereka,” tutupnya. (Q cox, tama dini)

Reply