Rayakan HK75, Wagub Emil Sebut Hermawan Kertajaya Tokoh Lintas Sektor Unik

SURABAYA (Suarapubliknews) – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak turut merayakan ulang tahun ke-75 pakar pemasaran Indonesia, Hermawan Kartajaya, yang merupakan putera daerah kelahiran Surabaya, Jumat (18/11).

Acara yang bertajuk “HK75 The Timeless Guru: Learn, Think, Share” itu turut mengundang sederet tokoh. Antara lain Duta Besar Republik Ceko untuk RI Jaroslav Dolecek, Founder Harian Disway Dahlan Iskan, serta Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Emil mengungkapkan bahwa Hermawan, yang juga menjabat sebagai Konsul Jenderal Kehormatan Ceko, adalah sosok panutan distingtif. “Beliau ini seseorang yang bisa disebut unik karena beliau akademisi sekaligus praktisi yang juga merupakan tokoh lintas sektor,” ucapnya saat hadir di Hotel Vasa, Surabaya.

Wagub Emil menyebut, dirinya pertama kali mengenal Hermawan ketika Ia menerima pendidikan sebagai Bupati Trenggalek. Yang mana, saat itu Hermawan ditunjuk langsung oleh Kemendagri untuk mementori dirinya dan Nur Arifin yang saat itu maju sebagai wakil bupati.

“Pak Hermawan mengajarkan kepada kita mengenai _government, branding_ dan lain sebagainya. Saat itu saya paham bahwa beliau sudah _transcends_ dalam dalam hal disiplin ilmunya,” jelasnya.

Lebih jauh, mantan Bupati Trenggalek itu mengharapkan, masyarakat dapat mencontoh semangat dan inspirasi dari Hermawan. Mengingat, pendiri MarkPlus, Inc. itu sudah mencetak sejarah dengan dinobatkan sebagai 50 Gurus Who Have Shaped The Future of Marketing oleh The Chartered Institute of Marketing.

“Saya paham malam ini adalah tentang sepak terjang Pak Hermawan. Tapi saya harap, kita sebagai bangsa Indonesia juga dapat mengambil spirit beliau. Mudah-mudahan ini juga bisa jadi perjalanan menyenangkan untuk kita. Terima kasih. Selamat ulang tahun, Pak,” pungkasnya.

Selain dikenal sebagai marketer Indonesia pertama yang memasuki ranah pemasaran internasional dengan model yang ia buat sendiri, Hermawan juga sudah banyak menulis buku di bidang pemasaran seperti Marketing in Venus, Marketing 4.0, Winning the Mom Market in Indonesia, dan masih banyak buku lainnya. (Q cox, tama dini)

Reply