Respon Keluhan Warga soal Sumbatan Eceng Gondok, Pj Bupati Sidoarjo Spontan Sidak ke Kali Cantel

SIDOARJO (Suarapubliknews) – Warga di sekitar stren Kali Cantel yang melewati beberapa desa, mulai dari Desa Tropodo mengalir sampai desa Tambak Sawah dan Tambak Sumur, mengeluhkan kondisi sungai yang mulai tersumbat akibat eceng gondok.

Atas pengaduan ini, Pj Bupati Sidoarjo, Hudiyono langsung melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Desa Tropodo Kecamatan Waru, didampingi Camat Waru, Cak Hud mengecek ke lokasi di Desa Tambak Sumur dan Tambak Sawah. Minggu pagi, (20/12).

Saar berada di lokasi, Cak Hud sapaan akrab Hudiyono, melihat langsung sejumlah petugas dari Pemkab Sidoarjo dibantu warga yang sedang membersihkan Eceng Gondok dengan menarik ke atas kali. Termasuk titik lokasi yang dikeluhkan warga yang dilaporkan melalui salah satu radio.

“Ini tadi setelah mengecek TPS Pilkades serentak ada laporan pengaduan warga Desa Tropodo Waru yang masuk ke handphone saya dan juga masuk ke radio. Langsung kita cek ke lokasi kali Centel Desa Tambak Sawah dan Tambak Sumur”, kata Cak Hud.

Dari pantauan Cak Hud, kondisi kali Centel sudah bersih meski ada beberapa nurul saja yang masih ada tanaman Eceng Gondok

Cak Hud juga tak segan memberikan teguran kepada pengelola industri yang sebagian sampahnya berserakan di pinggir kali.

“Ini saya cek sepanjang kali Centel ini banyak industri pergudangan, sampahnya berserakan di bibir kali nanti akan kita panggil pengelolanya dan kita kasih teguran”, ujarnya. (q cox, NH)

Reply