Risma Siapkan Skema Pemberdayaan Perempuan untuk Gus Ipul-Puti

MOJOKERTO (Suarapubliknews.net) – Paslon Gubernur-Wakil Gubernur nomor urut 2 akan adopsi pemberdayaan perempuan yang digagas Tri Rismaharini di Kota Surabaya. Pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntut Soekarno menganggap program Risma mampu mendorong peningkatan kesejahteraan warga Jawa Timur yang lebih bermartabat.

“Saya sudah membicarakan dan menyiapkan bersama Gus Ipul (panggilan karib Saifullah Yusuf, red) dan Mbak Puti untuk membantu agar perempuan-perempuan Jawa Timur lebih berdaya dan berpenghasilan,” kata Risma pada wartawan usai acara Halalbihalal dan Silaturrahmi dengan warga Dusun Tanjung RT 03/RW 01, Desa Canggu, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Selasa (19/6/2018) malam.

Risma yang memenuhi undangan warga ini menceritakan, pola yang sudah berhasil dijalankan melalui program Pahlawan Ekonomi. Program tersebut mulai dilaksanakan pada 2010. “Awalnya yang ikut hanya 89 orang,” ungkap Risma.

Menurutnya, program itu digagas untuk menghidupkan ‘mesin kedua’ ekonomi keluarga. Di mana, para perempuan yang tidak bekerja dibekali ketrampilan sesuai passion-nya. “Kalau suka masak ya dilatih sampai bisa. Kalau suka membuat suvenir atau kue juga begitu,” tutur kader PDIP ini.

Setelah mereka bisa dan mampu berproduksi, akses pasarnya disediakan. Warga kata Risma biasa menjajakan produknya melalui online maupun offline. Selain itu, agar bisa bersaing di pasar menangah atas, ada ratusan produk yang telah di-repackaging dan di-rebranding. Juga, legalitas dan perizinan diberiksan secara cuma-cuma alias gratis.

Setelah delapan tahun berjalan, kini sudah banyak pelaku usaha Pahlawan Ekonomi memiliki penghasilan besar. “Ada yang setahun omzetnya Rp 1,5 miliar. Ada juga yang produknya sudah ekspor,” ungkap Risma.

Cerita diatas serta cara lanjut Risma, diakui sudah dibeberkan dan ditawarkan ke Gus Ipul-Puti untuk dimasukkan dalam salah satu program paslon di Pilgub Jatim 2018.

“Gus Ipul dan Mbak Puti, siap menularkan berhasilan program Pahlawan Ekonomi ke daerah-daerah di Jawa Timur,” pungkas Risma. (q cox)

Reply